Longsor, Jalan Penghubung Kota Bekasi-Kabupaten Bogor Ditutup

Oleh Bam Sinulingga pada 30 Sep 2022, 19:43 WIB
Diperbarui 30 Sep 2022, 19:43 WIB
Ilustrasi Garis Polisi. (Freepik)
Perbesar
Ilustrasi Garis Polisi. (Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menutup sementara Jalan Pangkalan 1A, Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat, usai ruas jalan ini longsor pada Kamis 29 September 2022 siang.

Pemkot Bekasi tengah melakukan perbaikan pada akses jalan yang menghubungkan Kota Bekasi dan Kabupaten Bogor tersebut. Jalan pun terpaksa ditutup untuk mengantisipasi bahaya yang mengancam keselamatan pengendara.

Penutupan hanya dilakukan di badan jalan yang terkena longsor. Sedangkan satu lajur tetap dibuka agar bisa dilewati kendaraan roda dua. Pengendara yang ingin menuju Bantargebang maupun Villa Nusa Indah, juga dapat melewati jalan alternatif, yakni melalui Cipendawa.

Petugas pun telah memberikan tanda peringatan terkait adanya perbaikan jalan di sepanjang titik longsor. Meski begitu, tak sedikit pengendara roda empat yang tetap nekat melintas seolah tak menghiraukan keselamatan.

"Ya sebenarnya was-was juga, tapi mau gimana lagi, lewat sini yang paling dekat. Kalau muter nanti kejauhan," kata Berman Sitorus, pengendara roda empat, Jumat (30/9/2022).

Menurut pengendara yang kerap melintas, longsor di jalan tersebut sudah terjadi selama setahun terakhir. Namun karena tak kunjung diperbaiki dan kendaraan yang terus lalu lalang, menyebabkan longsor semakin besar dan melebar.

"Udah sering (longsor), cuma nggak separah kemarin. Mungkin karena sering dilalui kendaraan kan, jadinya tambah longsor," ujar Jufri, pengendara motor.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Perbaikan Berlangsung hingga Akhir Tahun

Upaya perbaikan kabarnya bakal berlangsung hingga akhir tahun. Meski begitu, para pengguna jalan berharap perbaikan bisa secepatnya rampung. Mereka mengaku jalan alternatif yang disediakan Pemkot Bekasi kurang efisien karena memakan waktu lebih lama.

Sebelumnya, longsor terjadi di Jalan Villa Nusa Indah, Pangkalan 1A, Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat. Insiden ini nyaris memutus akses jalan yang menghubungkan Kota Bekasi dan Kabupaten Bogor tersebut.

Longsor yang terjadi pada Kamis (29/9/2022) siang tersebut menutup sebagian badan jalan dan menyisakan satu lajur. Kendaraan yang melintas terpaksa harus bergantian karena pemberlakuan sistem buka tutup.

Panjang longsor disebutkan lebih dari 200 meter dengan kedalaman 10 meter. Longsor disebabkan guyuran hujan deras dan tanah bergerak. Kondisi tanah yang tak stabil diduga akibat adanya pengerjaan proyek jalan di lokasi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya