Ganjar Libatkan Penyandang Disabilitas Gambar Jersey Resmi Tour De Borobudur 2022

Oleh Liputan6.com pada 29 Sep 2022, 20:03 WIB
Diperbarui 29 Sep 2022, 20:59 WIB
Ganjar
Perbesar
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melibatkan penyandang disabilitas untuk menggambar Jersey resmi Tour De Borobudur 2022.(Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Perhelatan Tour De Borobudur ke-22 kembali digelar tahun ini pada 5 hingga 6 November 2022. Untuk hadiahnya pun tahun ini memperebutkan total Rp150 juta bagi para juara.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, ajang ini begitu dinanti-nantikan para atlet pesepeda se-Indonesia. Ia berharap Tour De Borobudur dapat menjadi pecut semangat para atlet pesepeda untuk lebih meningkatkan prestasinya, sehingga banyak atlet-atlet baru yang akan bermunculan.

"Kita harapkan ini satu memacu atlet kita untuk semakin berprestasi, yang kedua tourismnya bisa jalan lagi," kata Ganjar usai konferensi pers Tour De Borobudur ke-22 di GOR Jatidiri, Kota Semarang, Rabu (28/9/2022).

Tak hanya itu, Ganjar menjelaskan perhelatan Tour De Borobudur tahun ini juga melibatkan lebih banyak pihak untuk berpartisipasi. Hal ini bertujuan agar promosi pariwisata yang dilakukan bisa lebih optimal.

Tahun ini, Ganjar bersama Bank Jateng selaku penyelenggara Tour De Borobudur turut menggandeng anak-anak penyandang disabilitas. Mereka diberi kesempatan untuk menggambar dan mewarnai jersey resmi yang telah didesain sebelumnya.

Ganjar pun memuji hasil karya para anak penyandang disabilitas yang dicetak dalam jersey resmi Tour De Borobudur. Menurut dia, jerseynya mampu mewakili ikon daerah Jawa Tengah.

"Penyandang disabilitas itu kita ajak mereka mendesain (jersey Tour De Borobudur) dan sekarang ditempelkan di jersey yang ada di acara nantinya, ini cara kita berkolaborasi dan memberikan semangat," jelas Ganjar.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Pesan Ganjar

Ganjar pun berpesan untuk para atlet pesepada yang akan mengikuti Tour De Borobudur ke-22 untuk terus fokus berlatih dengan penuh semangat agar mampu meraih podium.

Selain itu, Ia juga berharap ajang serupa dapat diselenggarakan dengan jauh lebih bagus dari tahun-tahun sebelumnya agar mampu naik kelas menjadi event yang jauh lebih besar hingga kelas internasional.

"Latihan terus, lomba terus agar kemudian bisa juara dan ini dijadikan event untuk mereka. Untuk panitia bikin mereka lebih nyaman, dan orang akan lebih paham menyelenggarakan event dan naik kelas jadi event jauh lebih besar. Seperti layaknya tour sepeda yang lain di kelas dunia maupun model-model lari-lari yang ada itu," ucap Ganjar.

Sebagai informasi, pada hari pertama Tour De Borobudur akan menempuh jarak 138 km dengan rute Solo - Boyolali - Selo - Salatiga - Solo. Sementara untuk hari kedua, rutenya Solo - Klaten - Sleman - Magelang dengan jarak 104 km.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya