Dukung Keputusan Panglima TNI, Prabowo: TNI Rugi Jika hanya Perhitungkan Tinggi Badan

Oleh Lizsa Egeham pada 29 Sep 2022, 18:24 WIB
Diperbarui 29 Sep 2022, 18:24 WIB
Momen Panglima TNI dan KSAD bersalaman bersama dengan Menteir Pertahanan Prabowo Subianto usai rapat di Komisi I DPR. (Dok: Tim Dokumentasi Kemhan)
Perbesar
Momen Panglima TNI dan KSAD bersalaman bersama dengan Menteir Pertahanan Prabowo Subianto usai rapat di Komisi I DPR. (Dok: Tim Dokumentasi Kemhan)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mendukung keputusan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang merevisi syarat tinggi badan calon taruna dan taruni TNI periode 2022.

Dia mengatakan TNI dan negara akan rugi apabila hanya memperhitungkan tinggi badan, tanpa melihat prestasi dan kemampuan para calon taruna.

"Kalau kita hanya pilih suatu kriteria, hanya tinggi badan, tapi prestasinya kemampuannya, kelebihannya ciri khas daerahnya dan sebagainya tidak diperhitungkan, ya saya kira kita rugi, negara rugi, TNI rugi," jelas Prabowo kepada wartawan di JCC Senayan Jakarta, Kamis (29/9/2022).

Menurut dia, syarat tinggi badan memang harus disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing. Prabowo menyebut setiap daerah dan suku memiliki potensi yang baik bagi pertahanan Indonesia.

"Saya kira sesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing, dan suku yang berlainan. Semua punya potensi yang sangat baik untuk pertahanan, jadi saya mendukung penyesuaian," ujar Prabowo.

Sebelumnya, Jenderal Panglima TNI Andika Perkasa telah merevisi syarat dalam penerimaan calon anggota TNI. Dia menegaskan, persyaratan yang direvisi tersebut untuk menampung kondisi terkini remaja di Indonesia.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Akomodasi Kondisi Remaja saat Ini

"Jadi saya sudah membuat revisi sedemikian rupa sehingga lebih mengakomodasi kondisi umum remaja Indonesia," katanya melalui akun YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa yang dikutip Senin, 26 September 2022.

Salah satunya peraturan yang direvisi tersebut perihal tinggi badan, yang sebelumnya ialah 163 cm untuk pria dan 157 cm wanita. Kini menjadi 160 cm untuk pria sedangkan untuk wanita 155 cm.

"Ini untuk diketahui semuanya. Jadi kita menggunakan Peraturan Panglima TNI terakhir itu tahun 2020 jadi nomor 31 itu sudah saya lakukan perubahan," ujarnya.

Infografis Keturunan PKI Bisa Ikut Seleksi Prajurit TNI. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Keturunan PKI Bisa Ikut Seleksi Prajurit TNI. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya