DPR Sahkan Johanis Tanak Sebagai Capim KPK Gantikan Lili Pintauli

Oleh Liputan6.com pada 29 Sep 2022, 15:42 WIB
Diperbarui 29 Sep 2022, 15:42 WIB
Gedung DPR
Perbesar
Gedung DPR/MPR di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta. (Liputan6.com/Devira Prastiwi)

Liputan6.com, Jakarta- Rapat paripurna DPR RI mengesahkan hasil uji kelayakan dan kepatutan calon pimpinan KPK pengganti Lili Pintauli Siregar. Komisi III telah memilih Johanis Tanak sebagai calon pimpinan KPK berdasarkan voting tertutup.

Hasil uji kelayakan dan kepatutan itu dibawa ke Rapat Paripurna Ke-7 Masa Sidang I Tahun 2022-2023. Pengesahan ini menyelesaikan proses pemilihan calon pimpinan KPK di DPR.

"Perkenankan kami menanyakan apakah laporan Komisi III tentang uji kepatutan dan kelayakan calon pengganti pimpinan KPK tersebut dapat disetujui?" kata Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (29/9).

"Setuju," jawab anggota dewan yang hadir.

Komisi III DPR RI menetapkan Johanis Tanak sebagai pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggantikan Lili Pintauli Siregar. Komisi III mengambil keputusan berdasarkan voting tertutup 53 anggota dewan yang berasal dari sembilan fraksi yang digelar di ruang rapat Komisi III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (28/8).

"Izinkan pimpinan menyimpulkan berdasarkan hasil perolehan suara seleksi calon anggota pengganti pimpinan KPK 2019-2023 atas nama Johanis Tanak terpilih sebagai calon anggota pengganti pimpinan KPK 2019-2023," ujar Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir.

Komisi III menggelar uji kelayakan dan kepatutan kepada dua nama calon pimpinan KPK pengganti Lili yang diserahkan oleh Istana. Dua nama itu adalah I Nyoman Wara dan Johanis Tanak.

Johanis Tanak mendapatkan dukungan sebanyak 38 suara. Sementara I Nyoman Wara mengantongi 14 suara. Sementara satu kertas tidak sah karena tidak memberikan suara kepada salah satu calon pimpinan. Total seluruh anggota Komisi III yang memberikan suara sebanyak 53 orang.

"Hasil voting one man one vote dengan nama I Nyoman Wara Jumlah suara 14 kemudian Johanis Tanak dengan suara 38 dan tidak sah satu suara. Total 53 suara seusai kehadiran," jelas Adies.

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Kata Firli Bahuri

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengaku senang atas terisinya posisi Wakil Ketua menggantikan Lili Pintauli Siregar. Kini jabatan tersebut ditempati oleh Johanis Tanak.

"Saya menyambut gembira atas pengisian Wakil Ketua KPK. Dalam kesempatan ini saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Presiden RI dan Pimpinan DPR RI," tutur Firli kepada wartawan, Rabu (28/9/2022).

Firli turut memberikan selamat dan menyambut baik kehadiran Johanis Tanak menjadi jajaran komisioner KPK.

"Untuk saudara Johanis Tanak, saya mengucapkan selamat atas terpilihnya untuk melanjutkan pengabdian di KPK sebagai Wakil Ketua KPK. Selamat datang dan selamat bergabung dalam barisan KPK. Mari kita bersihkan negeri ini dari praktik-praktik korupsi. Terima kasih. Salam Antikorupsi," kata Firli.

Infografis Dugaan Gratifikasi Nonton MotoGP Komisioner KPK Lili Pintauli. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Dugaan Gratifikasi Nonton MotoGP Komisioner KPK Lili Pintauli. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya