Anies Baswedan Resmikan 4 Sekolah dengan Konsep Net Zero Carbon Pertama di Indonesia

Oleh Winda Nelfira pada 28 Sep 2022, 10:29 WIB
Diperbarui 28 Sep 2022, 10:29 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan empat gedung sekolah di DKI Jakarta berkonsep Net Zero Carbon di SDN Ragunan 08, Jakarta Selatan, Rabu (28/9/2022).
Perbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan empat gedung sekolah di DKI Jakarta berkonsep Net Zero Carbon di SDN Ragunan 08, Jakarta Selatan, Rabu (28/9/2022).

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan empat gedung sekolah di DKI Jakarta berkonsep Net Zero Carbon di SDN Ragunan 08, Jakarta Selatan, Rabu (28/9/2022).

Adapun keempat gedung sekolah yang diresmikan yaitu SDN Ragunan 08, SDN Grogol 09, SDN 14 Duren Sawit dan SMAN 96 Jakarta Barat.

"SDN Ragunan 08, SDN Grogol 09, SDN 14 Duren Sawit dan SMAN 96 Jakarta dengan ini secara resmi digunakan," kata Anies Baswedan.

Anies menyatakan bahwa keempat sekolah ini merupakan sekolah pertama di Indonesia yang menerapkan net zero carbon.

Menurut dia, konsep ini sejalan dengan komitmen Jakarta untuk menurunkan 30 persen emisi gas rumah kaca pada 2030 mendatang. Selain itu, bangunan sekolah juga dilengkapi dengan panel surya.

Panel surya terletak di lantai atas bangunan SDN Ragunan 08, Jakarta Selatan. Tak hanya itu, Anies mengatakan pembangunan sekolah juga disesuaikan dengan perkembangan zaman.

"Ini memang yang kita hadapi di dunia pendidikan anak anaknya abad 21, gurunya abad 20 bangunannya abad 19. itulah yang terjadi di sekolah-sekolah. Jadi kita bergerak mengikuti perubahan zaman," jelas dia.

Sebagai informasi, sekolah berkonsep Net Zero Carbon merupakan bangunan sekolah beremisi rendah, dimana sebagian besar kebutuhan energinya bersumber energi terbarukan. Sehingga, emisi karbon yang dihasilkan minim.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui akun resmi Instagram @dkijakarta menyatakan bahwa pembangunan gedung rendah emisi tersebut diketahui menjadi pionir atau gerakan menuju bangunan emisi rendah pertama.

"Hal inilah yang tengah diupayakan Pemprov DKI Jakarta dengan merevitalisasi empat bangunan sekolah," demikian keterangan Pemrov DKI Jakarta, dikutip Rabu (28/9/2022).

Keempat sekolah itu yakni SDN Grogol Selatan 09, Jakarta Selatan, SDN Duren Sawit, Jakarta Timur, SDN Ragunan (08 Pagi, 09 Pagi, 11 Petang) Jakarta Selatan, SMA 96 Jakarta Barat.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Contoh Bangunan Masa Depan

Pembangunan sekolah dengan konsep Net Zero Carbon ini disebut akan menjadi contoh bangunan masa depan untuk generasi muda. Selain urgensi untuk menuju bangunan emisi rendah, kebutuhan untuk menuju bangunan sehat di tengah kondisi pandemi Covid-19 juga dinilai menjadi sebuah keharusan.

Diantaranya meliputi upaya preventif dan mitigasi penyebaran Covid-19, terutama kluster-kluster perkantoran, keluarga, pemukiman, atau kluster dalam bangunan.

Juga menjadi pencegahan melalui perubahan bangunan dan lingkungan menjadi tempat yang aman dan sehat.

Selanjutnya, merehab gedung sekolah negeri di Jakarta secara keseluruhan mengarah ke konsep Green Building. Mulai dari transisi energi, hingga pengelolaan air limbah.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya