Momen Wapres Sampaikan Dukacita kepada PM Jepang dan Istri Mantan PM Shinzo Abe

Oleh Delvira Hutabarat pada 27 Sep 2022, 21:51 WIB
Diperbarui 27 Sep 2022, 22:05 WIB
Wapres Ma'ruf Amin Sampaikan Dukacita Kepada PM Jepang dan Istri Mantan PM Shinzo Abe
Perbesar
Wapres Ma’ruf Amin menyampaikan ucapan dukacita secara langsung kepada PM Jepang Fumio Kishida dan istri, mendiang mantan PM Shinzo Abe, Akie Abe, di Istana Akasaka, Tokyo, Selasa (27/9/2022). (Foto: BPMI Setwapres)

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menghadiri Greetings Occasion untuk menyampaikan ucapan dukacita secara langsung kepada PM Jepang Fumio Kishida dan istri mendiang mantan PM Shinzo Abe, Akie Abe, di Istana Akasaka, Tokyo, Selasa (27/9/2022).

"Mewakili pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas telah berpulangnya mantan PM Abe," ucap Ma’ruf dalam keterangannya, Selasa (27/9/2022).

Wapres Ma’ruf Amin juga menyampaikan apresiasi dan penghormatan atas kepemimpinan PM Abe, khususnya dalam meningkatkan hubungan RI-Jepang menjadi Kemitraan Strategis.

"Kontribusi PM Abe telah semakin mempererat persahabatan masyarakat kedua negara. Beliau akan selalu dikenang oleh rakyat Indonesia," ungkapnya.

Selanjutnya kepada PM Kishida, Ma’ruf juga menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo sekaligus mengharapkan dapat berjumpa kembali pada KTT G20 Bali.

"Semoga dapat bertemu kembali dengan Yang Mulia pada KTT G20 di Bali, November mendatang," harapnya.

Tidak hanya menyampaikan ungkapan duka cita kepada PM Kishida, pada kesempatan ini Ma’ruf juga menyampaikan ungkapan belasungkawa secara langsung kepada istri mantan PM Shinzo Abe, Akie Abe.

"Ny Akie Abe, mewakili pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia saya menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas meninggalnya Bapak Shinzo Abe," ungkap Ma’ruf.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Kepemimpinan PM Shinzo Abe Akan Selalu Dikenang

Wapres Ma'ruf Amin menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan mantan PM Jepang Shinzo Abe di Nippon Budokan, Choyoda, Tokyo.
Perbesar
Wapres Ma'ruf Amin menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan mantan PM Jepang Shinzo Abe di Nippon Budokan, Choyoda, Tokyo, Selasa (27/9/2022).(Foto: BPMI Setwapres)

Kepada Akie Abe, Ma’ruf kembali menyampaikan bahwa kepemimpinan dan jasa baik mendiang PM Shinzo Abe akan selalu dikenang oleh bangsa Indonesia, terutama dalam mempererat persahabatan di antara masyarakat kedua negara.

"Izinkan saya menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana, beserta harapan agar Ny Abe senantiasa diberikan kesehatan dan kekuatan," pungkas Ma’ruf.

Sebagai informasi, Greeting Occasion di Istana Akasaka diikuti para kepala negara/pemerintahan yang menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan Mantan PM Shinzo Abe untuk menyampaikan ucapan duka cita secara langsung.

Adapun penyampaian ucapan diawali oleh PM Fumio Kishida didampingi Kepala Sekretaris Kabinet Matsuno Hirokazu dan Menteri Luar Negeri Jepang Hayashi Yoshimasa, kemudian istri mendiang Mantan PM Shinzo Abe, Akie Abe.

Alokasi waktu yang disediakan adalah 1 (satu) menit bagi masing-masing kepala negara/pemerintahan untuk menyampaikan salam dan ucapan duka cita.

Selain Wapres Ma’ruf Amin, hadir pada acara ini, beberapa kepala negara/pemerintahan. Di antaranya Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc, Presiden European Council Charles Michel, Presiden Slovenia Borut PahorPresiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe, dan Emir Qatar Tamim Bin Hamad Al Thani.

Dihadiri pula oleh PM Singapura Lee Hsien Loong, PM Australia Anthony Albanese, PM India Narendra Modi, PM Korea Selatan Han Duck-soo, PM Kanada Justin Trudeau, PM Kamboja Hun Sen, serta Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris.

Selain itu, beberapa mantan kepala negara/pemerintahan juga tampak hadir. Seperti mantan Presiden Perancis Nicolas Sarkozy, mantan Perdana Menteri Australia John Howard, Tony Abbott, dan Malcolm Turnbull, mantan Perdana Menteri Inggris Theresa May, mantan Perdana Menteri Italia Matteo Renzi, serta mantan Kanselir Jerman Angela Merkel.

 


Ma'ruf Amin Ikuti Prosesi Pemakaman PM Jepang Shinzo Abe

Wapres Ma'ruf Amin menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan mantan PM Jepang Shinzo Abe di Nippon Budokan, Choyoda, Tokyo.
Perbesar
Wapres Ma'ruf Amin menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan mantan PM Jepang Shinzo Abe di Nippon Budokan, Choyoda, Tokyo, Selasa (27/9/2022).(Foto: BPMI Setwapres)

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe di Nippon Budokan, Choyoda, Tokyo, Selasa (27/9/2022).

Ma'ruf didampingi Ibu Wury Ma'ruf Amin tiba di tempat acara sekitar pukul 13.45 waktu setempat. Adapun prosesi pemakaman kenegaraan dimulai pada pukul 14.00.

Prosesi diawali dengan pemberian sambutan dari Wakil Ketua Panitia Pelayanan Pemakaman dan dilanjutkan dengan pengumandangan Lagu Kebangsaan Jepang.

Setelah itu, Ma'ruf serta seluruh peserta prosesi pemakaman mengheningkan cipta sejenak pada moment of silence serta menyaksikan penayangan cuplikan video mendiang mantan PM Shinzo Abe.

Pada kesempatan ini, Ma'ruf juga turut menyaksikan pemberian ucapan belasungkawa dari para pejabat pemerintah Jepang, dan tribut yang dilakukan oleh Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako beserta Kaisar Emeritus Akihito dan Permaisuri Michiko.

Di akhir prosesi pemakaman kenegaraan ini, Ma'ruf turut melakukan peletakan karangan bunga dan memberikan penghormatan terakhir pada mendiang mantan PM Shinzo Abe.

Infografis Karier Politik dan Riwayat Kesehatan Shinzo Abe hingga Meninggal Dunia Usai Ditembak. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Karier Politik dan Riwayat Kesehatan Shinzo Abe hingga Meninggal Dunia Usai Ditembak. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya