Nurul Arifin: Golkar Partai Tertua, tapi Diterima Pemilih Muda

Oleh Liputan6.com pada 27 Sep 2022, 20:35 WIB
Diperbarui 27 Sep 2022, 20:35 WIB
Tiga Petinggi Koalisi Indonesia Bersatu Jalan Bersama ke KPU
Perbesar
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menyapa awak media saat tiba di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (10/8/2022). Kedatangan ketiga petinggi KIB tersebut terlihat mesra saat jalan bersama menuju Gedung KPU. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Hasil survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menunjukkan Partai Golkar menjadi partai yang paling populer bagi pemilih muda.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Nurul Arifin menyebutkan, meski menjadi partai politik tertua di Indonesia saat ini, ternyata Partai Golkar masih populer di mata anak muda.

"Saya pribadi mengapresiasi hasil survei ini. Ternyata Golkar sebagai partai tertua di Tanah Air, hingga kini masih relate dengan anak muda atau pemilih muda. Ini sekaligus membuktikan bahwa apa yang selama ini diperjuangkan Golkar juga diterima oleh para pemilih muda," kata Nurul dalam keterangannya, Senin (26/9).

Nurul menjelaskan, Partai Golkar di bawah kepemimpinan Ketua Umum Airlangga Hartarto, dalam Pilkada 2020 lalu menjadi partai penyumbang kader muda terbanyak. Ia menyebut ada 60 kader yang didorong Golkar maju di Pilkada 2020 lalu.

Sementara itu, Ikhwanul, Juru Bicara Gerakan BerkAH (Berkreasi Bersama Airlangga Hartarto), komunitas relawan Airlangga yang selama ini fokus berdialog dengan anak-anak muda, mengapresiasi hasil survei CSIS ini dan menjadi penambah semangat gerakan memajukan kreativitas anak-anak muda.

Menurut Ikhwanul, Airlangga Hartarto memang memiliki komitmen dan kesungguhan untuk memajukan peran anak muda untuk berpartisipasi dan memimpin bukan hanya aspek sosial politik, tapi juga ekonomi dan budaya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Keliling ke 30 Kabupaten/Kota

"Saya dan teman-teman melihat komitmen Pak Airlangga terhadap kepemimpinan anak-anak muda khususnya di bidang politik dan sosial ekonomi seperti entrepreneurship dan UMKM sangat besar, bukan kaleng-kaleng, atau hanya sekadar artifisial. Kita bisa lihat keberpihakan beliau di Partai Golkar maupun di Kemenko Perekonomian terkait kehadiran anak muda dan kebijakan yang pro terhadap isu-isu keanakmudaan," tutur Ikhwanul.

Ikhwanul menambahkan Gerakan BerkAH sendiri telah berkeliling lebih dari 30 kabupaten/kota dan bertemu dengan berbagai komunitas anak-anak muda kreatif serta berkolaborasi dalam berbagai proyek pemberdayaan di sejumlah daerah.

"Pada saat situasi pandemi kemarin, Pak Airlangga sebagai Menko Perekonomian secara khusus telah mengeluarkan kebijakan untuk anak muda, salah satunya adalah Program Kartu Prakerja. Program ini sudah memberikan bantuan kepada lebih dari 12 juta anak muda Indonesia saat pandemi. Menurut kami ini luar biasa, belum lagi program untuk UMKM melalui KUR dan sebagainya," tutur mahasiswa paska sarjana UI ini. 

Infografis Geliat Bursa Capres 2024, Prediksi Ketum Parpol Vs Tokoh Populer. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Geliat Bursa Capres 2024, Prediksi Ketum Parpol Vs Tokoh Populer. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya