Sukses

Jokowi: Penyaluran BLT BBM Sudah 95,9 Persen, Akhir Tahun Pasti Selesai

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai bahan bakar minyak (BLT BBM) kepada penerima manfaat sudah hampir selesai.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) kepada penerima manfaat sudah hampir selesai. Total sudah 19.700.000 penerima manfaat yang mendapat BLT BBM.

"Yang berkaitan dengan BLT BBM realisasi sampai hari ini sudah 19.700.000 penerima manfaat. Artinya, sudah 95,9 persen, sudah hampir selesai," kata Jokowi saat menyerahkan Bantuan Sosial di Kantor Pos Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa (27/9/2022)

Dia memastikan pemerintah akan terus membagikan BLT BBM kepada seluruh penerima manfaat. Jokowi optimistis penyaluran BLT BBM akan selesai pada akhir 2023.

"Sampai selesai. Akhir tahun pasti selesai. Insyaallah," ujar Jokowi.

Sementara itu, Jokowi menyampaikan bantuan subsidi upah (BSU) sudah tersalurkan kepada 7.077.000 pekerja. Menurut dia, penyaluran BSU berjalan denhan sangat baik.

"Sampai saat ini utk bantuan subsidi upah yang sudah tersalur adalah 7.077.000. Artinya, sudah 48,3 persen yang sudah tersalur dan ini terus berjalan dengan kecepatan yang saya lihat sangat baik," jelas Jokowi.

Seperti diketahui, pemerintah menyalurkan bantuan sosial (bansos) bantuan langsung tunai atau BLT BBM kepada masyarakat miskin dan rentan. Bansos BLT BBM merupakan bentuk kompensasi dari keputusan pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi.

BLT BBM disalurkan pemerintah kepada 20,65 juta KPM penerima. Mereka akan menerima dana sebesar Rp 150 ribu per bulan dalam periode 4 bulan (September-Desember).

BLT BBM ini akan disalurkan sebanyak dua kali. Nantinya, masing-masing penerima atau mendapat bansos sebesar Rp300 ribu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cek Nama

Untuk mengetahui nama seseorang masuk dalam daftar penerima bantuan sosial BLT BMM 2022, bisa dicek melalui laman cekbansos.kemensos.go.id.

Seperti apa langkah-langkahnya, simak penjelasannya sebagai berikut:

1. Akses laman cekbansos.kemensos.go.id

2. Kemudian pilih provinsi, kabupaten, kecamatan, desa atau kelurahan wilayah penerima manfaat

3. Dilanjutkan dengan isi nama Anda sesuai KTP

4. Lalu ketikkan 8 huruf kode captcha yang tersedia dalam kotak kode

5. Jika kode kurang jelas atau kurang dimengerti, klik “Refresh” untuk mendapatkan kode baru

6. Setelah itu klik tombol “Cari Data”

Apabila masyarkat menemukan kendala, manfaatkan layanan pengaduan Kemensos dengan menghubugi call center di nomor 171.

3 dari 3 halaman

Cara Daftar

Tidak semua masyarakat yang bisa mendapatkan bansos. Jika Anda ingin menjadi salah satu penerima manfaat BLT BBM, bisa melalui aplikasi Cek Bansos.

Simak langkah-langkahnya: 

1. Unduh aplikasi "Cek Bansos" melalui google play store

2. Buka aplikasi "Cek Bansos" dan klik "Buat Akun Baru"

3. Isi data-data sesuai dengan NIK, Nomor KK (Kartu Keluarga) dan data di KTP

.4. Unggah foto KTP dan swafoto diri dengan KTP. Pastikan melakukannya dengan benar sesuai dengan petunjuk yang diberikan

5. Klik "Buat Akun Baru"

6. Klik "Daftar Usulan" untuk memasukkan nama calon penerima BLT BBM

7. Selanjutnya klik tambah usulan. Isi data lengkap calon penerima BLT BBM sesuai dengan KTP. Kemudian tunggu hingga usulan data muncul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • BLT adalah program bantuan pemerintah yang berjenis pemberian uang tunai atau beragam bantuan lainnya kepada masyarakat miskin.

    blt

  • BLT BBM