Kapolri Rotasi 3 Wakapolda dan Tunjuk Kombes Ade Ary Jadi Kapolres Jakarta Selatan

Oleh Nanda Perdana Putra pada 26 Sep 2022, 10:04 WIB
Diperbarui 26 Sep 2022, 10:05 WIB
Kapolri Umumkan Irjen Ferdy Sambo Tersangka Pembunuhan Brigadir Yoshua
Perbesar
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama jajaran terkait menyampaikan konferensi pers di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Selasa (9/8/2022). Mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri Irjen Ferdy Sambo ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan ajudannya, Brigadir J alias Nofriansyah Yoshua Hutabarat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kembali melakukan rotasi jajaran Pati dan Pamen di tubuh Polri. Selain posisi Wakapolda, dia juga menunjuk Kombes Ade Ary Syam Indradi, menjadi Kapolres Metro Jakarta Selatan.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo membenarkan kabar tersebut. Termasuk penunjukan Kapolres Jakarta Selatan yang baru.

"Ya betul," tutur Dedi saat dikonfirmasi, Senin (26/9/2022).

Adapun rotasi tersebut tertuang dalam Surat Telegram (ST) Nomor: ST/2046/IX/KEP./2022 per tanggal 24 September 2022. Secara rinci, untuk posisi Kapolres Jakarta Selatan kini ditempati oleh Kombes Ade Ary Syam Indradi, yang sebelumnya menjabat sebagai Kabaganev Robinopsnal Bareskrim Polri.

Dia menggantikan posisi Kombes Yandri Irsan yang sebelumnya menjabat sebagai Plt Kapolres Metro Jakarta Selatan, imbas Kombes Budhi Herdi Susianto selaku mantan Kapolres Jakarta Selatan tersandung kasus kematian Brigadir J.

Kemudian untuk jabatan tiga Wakapolda, Brigjen Agus Suharnoko dipromosikan menjadi Wakapolda Kepulauan Riau (Kepri), yang sebelumnya menjabat sebagai Penyidik Tindak Pidana Utama TK.II Bareskrim Polri. Dia menggantikan Brigjen Rudi Pranoto yang kini menjabat sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Untuk posisi Wakapolda Kalimantan Timur (Kaltim) akan diisi oleh Brigjen Mujiyono yang sebelumnya Widya Iswara Sespim Lemdiklat Polri. Dia menggantikan Brigjen Hariyanto yang dimutasikan sebagai Pati Polda Kaltim dalam rangka pensiun.

Selanjutnya, Brigjen Syamsul Bahri kini menjabat sebagai Wakapolda Aceh yang sebelumnya Widyaiswara Madya Sespim Lemdiklat Polri. Dia menggantikan Brigjen Agus Kurniady Sutisna yang dimutasi menjadi Pati Polda Aceh dalam rangka pensiun.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Polri Copot Karopaminal dan Kapolres Jakarta Selatan Buntut Kasus Baku Tembak di Rumah Ferdy Sambo

Ferdy Sambo Dipecat Secara Tidak Hormat dari Polri
Perbesar
Mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo usai menjalani sidang kode etik di Gedung TNCC Mabes Polri, Jakarta, Jumat (26/8/2022). Irjen Ferdy Sambo resmi dipecat secara tidak hormat dari Polri. Keputusan dikeluarkan oleh Komisi Etik Profesi Polri (KEPP) pada Jumat (26/8/2022) dinihari WIB. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Karo Paminal Divpropam Polri Brigjen Hendra Kurniawan dan Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto dicopot dari jabatannya, buntut kasus baku tembak di kediaman Irjen Ferdy Sambo.

Hal itu dikonfirmasi oleh Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo.

"Pada malam hari ini memutuskan untuk menonaktifkan 2 orang (anggota Polri) pertama Karo Paminal Divpropam Polri Brigjen Hendra Kurniawan dan Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto," singkat Dedi kepada wartawan, Rabu (20/7/2022). 

Dedi belum merinci alasan pencopotan keduanya. Namun keduanya diduga terlibat atas kematian Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat dalam kasus adu tembak di rumah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo.

Selain itu, pencopotan keduanya juga atas desakan Kamarudin Simanjuntak, Pengacara Keluarga Almarhum Brigadir J. Menurut Kamarudin hal itu agar investigasi kasus ini dapat berjalan dengan transparan dan independen.

Infografis Menanti Sidang Maraton 34 Polisi Diduga Pelanggar Etik, Bakal Menyusul Ferdy Sambo?
Perbesar
Infografis Menanti Sidang Maraton 34 Polisi Diduga Pelanggar Etik, Bakal Menyusul Ferdy Sambo? (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya