Relawan Anies Baswedan Janji Depankan Politik Beretika

Oleh Muhammad Radityo Priyasmoro pada 26 Sep 2022, 09:18 WIB
Diperbarui 26 Sep 2022, 09:18 WIB
Forum Komunikasi Antar Simpul Relawan Anies Baswedan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) di Jakarta.
Perbesar
Forum Komunikasi Antar Simpul Relawan Anies Baswedan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Forum Komunikasi Antar Simpul Relawan Anies Baswedan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) di Jakarta. Ketua Panitia Munas, Marlina Idha dari Simpul Relawan Garnies, mengatakan para relawan yang hadir dari seluruh Indonesia telah membulatkan tekad untuk mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024.

“Kami berkomitmen untuk bergerak dengan mengedepankan politik beretika,” ujar Marlina dalam keterangan pers diterima, Senin (26/9/2022). 

Marlina merinci, total ada 300 orang hadir dari 90 kelompok relawan di seluruh seluruh Indonesia yang menghadiri Munas. Mereka terdir dari relawan GARNIES yang berisi para pengusaha UMKM, relawan OPTIMIS yang merupakan gabungan tukang cukur seluruh Indonesia, ada BRANI1 yang anggotanya berasal dari relawan antar iman, Jaringan Pendidik Anies yang anggotanya merupakan para pendidik dari seluruh Indonesia dan banyak lagi. 

“Ini menunjukkan bahwa relawan Anies berasal dari berbagai kalangan dengan ragam suku, agama, dan latar belakang. Kami disatukan oleh tekad untuk mendukung Anies Baswedan sebagai presiden Indonesia,” tutur Marlina.

Marlina memastikan, relawan optimis terhadap Anies sebab kinerjanya yang telah teruji dan terbukti mampu memajukan dan menyejahterakan Jakarta. Senada dengan Marlina, Apriansyah dari simpul JARNAS ABW menjelaskan, hasil dari Munas kali ini adalah menyepakati kode etik relawan sebagai pedoman seluruh relawan Anies Baswedan di seluruh Indonesia.

“Kami bergerak sebagai relawan politik beretika yang mengedepankan obyektifitas dan fairplay dalam mendukung Anies Baswedan sebagai Presiden pada Pilpres 2024,” jelas Apriansyah.

Selain itu, lanjut Apriansyah, terdapat 4 sikap politik relawan hasil kesepakatan Munas yang dibacakan oleh M Ramli Rahim, perwakilan dari Simpul Korean dan Alfa dari ABClub. 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


4 Sikap Politik

1. Relawan mengingatkan kepada semua pihak untuk taat pada aturan dan konstitusi negara UUD 45 yang membatasi jabatan presiden selama-lamanya 2 periode dan tidak dapat diperpanjang kembali. Relawan juga mengingatkan kepada semua elemen bangsa agar tidak melupakan semangat reformasi sebagai amanat rakyat.

2. Relawan berpendapat bahwa Indonesia memerlukan sosok pemimpin bangsa yang peduli pada kesejahteraan rakyat, yang adil, yang visioner, yang mampu membawa Indonesia berdiri tegak sejajar dengan negara lain di dunia. Anies Baswedan telah membuktikan kualitas kepemimpinannya di Jakarta, berhasil membuat Kota Jakarta maju dan sejahtera rakyatnya.

3. Relawan berkomitmen mendukung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden dalam Pemilu 2024 serta mendorong partai-partai politik untuk mencalonkan Anies Baswedan. Mereka menegaskan sikap bahwa dalam PEMILU 2024 untuk memilih partai-partai politik yang mendukung Anies Baswedan presiden. 

4. Relawan menyeru kepada semua pihak yang berwenang yaitu Presiden RI, para Menteri, KPU, Bawaslu, Pemerintah Daerah, dan semua institusi penegak hukum untuk mendorong terselenggaranya Pemilu yang jujur dan adil, bebas dari kecurangan, sesuai dengan kewenangan masing-masing. Mereka juga mendorong semua elemen masyarakat, LSM, media, Ormas, relawan, dan setiap warga negara untuk ikut mengawasi tiap tahapan jalannya Pemilu dan Pilpres demi terselenggaranya Pemilu JURDIL. Sebab Presiden terbaik hanya akan dihasilkan oleh Pilpres yang jujur dan adil.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya