Viral Larangan Main Tiktok hingga Bigo Live, Ini Penjelasan TNI AL

Oleh Liputan6.com pada 25 Sep 2022, 15:33 WIB
Diperbarui 25 Sep 2022, 15:33 WIB
Ilustrasi TikTok, Aplikasi TikTok.
Perbesar
Ilustrasi TikTok, Aplikasi TikTok. Kredit: antonbe via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta Sebuah unggahan flyer yang melarang prajurit TNI AL dilarang menggunakan Tiktok hingga Bigo Live viral di media sosial.  

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama Julius Widjojono menjelaskan terkait flyer terkait imbauan kepada personel TNI AL tidak diperbolehkan menggunakan TikTok, Smule, dan Bigo Live adalah kebijakan lama dan telah dihapuskan.

"Aturan Panglima TNI Lama, yang sekarang boleh," ucap Julius saat dikonfirmasi, Minggu (25/9/2022).

Julius mengatakan bahwa imbauan itu pun telah lama dihapus dari pemberitahuan yang mengatasnamakan Penerangan Pasukan (Penpas), Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut. 

"Sudah didrop (dihapus)," singkatnya.

Adapun informasi tersebut viral di media sosial akun twitter @txtdrberseragam dimana pada akun tersebut mengunggah flyer seruan bertuliskan, Dinas Penerangan Angkatan Laut Nomor 06 Edisi Maret 2020.

"Guna mengantisipasi kerawanan dan dikhawatirkan dapat menurunkan citra TNI AL di mata masyarakat, kepada seluruh personel TNI AL beserta keluarga untuk tidak menggunakan aplikasi Tik Tok, Smule dan Bigo, baik untuk kegiatan kedinasan maupun pribadi," tulis keterangan dalam flyer.

Bahkan, dalam gambar tersebut turut menjelaskan soal sumber aturan itu, mengacu pada ST Kasal Nomor 011/PEN/0320 TWU 0319.1406.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya