Kesan Hasto PDIP Saat Gowes Jelajahi Kota Sabang

Oleh Liputan6.com pada 24 Sep 2022, 11:19 WIB
Diperbarui 24 Sep 2022, 12:55 WIB
Hasto
Perbesar
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto saat gowes bareng menjelajahi Kota Sabang.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto merasa bersyukur bisa menjelajahi Kota Sabang dengan sebuah acara gowes bareng. Meski hujan, tak menyurut niat Hasto dan rombongan untuk meneruskan rencana gowes.

Sabang hujan sejak Sabtu dinihari. Bahkan saat start dari rumah dinas Wali Kota Sabang pun, masih hujan rintik.

"Kita cukup berhati-hati sepanjang perjalanan karena jalanan basah. Ditambah lagi jalurnya luar biasa. Naik turun lumayan ekstrem dan menikung. Selama gowes, harus memperhatikan heart rate," ucap Hasto usai bersepeda di Sabang, Sabtu (24/9/2022).

Dia mengaku untuk track tanjakan, dari berbagai lokasi yang pernah dicobanya. Hasto mengatakan ini jalur yang cukup sulit. "Puji syukur gowes berjalan dengan baik. Saya tadi sambil bersepeda sempat mengamati sekitar," katanya.

Di salah satu sudut jalan, Hasto melihat warung yang menjual ikan yang masih segar. "Saya meyakini warga Sabang giat mengonsumsi ikan karena ikan sumber protein untuk mencegah stunting," tambah Hasto.

Mereka pun sempat melintasi Pantai Paradiso Sabang. Sebelum mengakhirinya dengan minum kopi di kedai bernama Plegron.

"Untuk melengkapi kunjungan ke Sabang tak lengkap kalau tidak diakhiri dengan ngopi bareng di warung pinggir jalan sambil ngobrol bareng dengan pengunjung," tambah Hasto.

Hasto didampingi kader PDIP Pulung Agustanto, dan Kepala Sekretariat PDIP Yoseph Aryo Adhie Dharmo. Jajaran PDIP Aceh dipimpin oleh Ketua DPD PDIP Aceh Muslahuddin Daud pun ikut bersepeda.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Nyanyikan Lagu Dari Sabang Sampai Merauke

Di Kilometer Nol Indonesia, Sabang, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengajak rombongan yang mendampingi menyanyikan lagu "Dari Sabang sampai Merauke".

"Saya sekian kali ke Provinsi Aceh. Namun ini pertama kalinya ke Pulau Sabang. Bahkan sampai ke Kilometer Nol di Sabang. Indonesia begitu besar, luas, dan begitu hebat membentang sebagai rangkauan pulau-pulau bagaikan Zamrud Katulistiwa," ujar Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto saat berkunjung ke titik nol Indonesia, Sabang, Jumat (23/9/2022).

Hasto didampingi Anggota DPR Fraksi PDIP yang juga Ketua Umum Pagar Nusa Gus Nabil Haroen, Kader PDIP Pulung Agustanto, dan Kepala Sekretariat PDIP Yoseph Aryo Adhie Dharmo. Jajaran PDIP Aceh dipimpin oleh Ketua DPD PDIP Aceh Muslahuddin Daud.

Sepanjang perjalanan, dengan menggunakan ferry, dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, hingga tiba di Pelabuhan Sabang, Hasto menikmati pemandangan laut dan pulau yang membentang luas.  

"Akhirnya rasa penasaran terkait Sabang, terjawab sudah. Selama ini ke Jalan Sabang yang di Jakarta termasuk ke Atjeh Connection, minum kopi. Ternyata pemandangannya cukup bagus. Meski jalan agak naik turun justru semakin membuat perjalanan ini menarik," ucap Hasto sambil tersenyum.

Hasto mendorong kementerian terkait seperti perhubungan dan PUPR terus memberi perhatian terhadap perkembangan Sabang.

"Pulau Sabang memiliki lokasi yang sangat strategis, di ujung barat Indonesia. Kita berharap Pemerintah Pusat dan Provinsi NAD didorong untuk memikirkan bagaimana merancang pemuda-pemuda Aceh menyadari bahwa kita ini negeri maritim. Indonesia harus mengembleng diri sebagai bangsa maritim,” sebut Hasto.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya