Sukses

Polda Metro Punya Pasukan Basmalah dan Asmaul Husna Amankan Demo, Ini Tugasnya

Pasukan Basmalah dan Asmaul Husna Polda Metro Jaya diberi tugas khusus untuk melantunkan asma-asma Allah dan bait-bait doa selama berlangsungnya aksi demo.

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya memiliki Pasukan Basmalah dan Asmaul Husna yang disiapkan untuk mengamankan aksi demo di sejumlah titik Ibu Kota. Apalagi sejak pemerintah mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), gelombang demonstrasi kerap terjadi.

Pasukan Basmalah dan Asmaul Husna ini diberi tugas khusus untuk melantunkan asma-asma Allah dan bait-bait doa selama berlangsungnya aksi unjuk rasa. Keberadaan pasukan putih tersebut diharapkan dapat menyejukkan suasana saat aksi demo berlangsung. 

“Semoga lantunan doa kami diijabah oleh Allah. Agar pendemo pulang dengan selamat dan tidak ada anarkisme selama aksi unjuk rasa,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dikutip dari Antara, Sabtu (24/9/2022).

Dalam menjalankan tugasnya, Pasukan Basmalah dan Asmaul Husna tetap memakai seragam kepolisian, namun ditambah dengan peci putih dan serban putih di leher.

Fadil mengungkapkan, keberadaan Pasukan Basmalah dan Asmaul Husna mempunyai tugas penting untuk membangun suasana yang kondusif di tengah massa aksi.

Dia juga berharap lafaz basmalah yang dikumandangkan petugas bisa dipahami massa aksi karena kandungan maknanya.

Pesan-pesan kasih sayang serta menyejukkan adalah salah satu upaya kepolisian agar massa aksi bisa lebih cair sehingga suasana demo berjalan aman dan tuntutan massa aksi tersampaikan dengan baik.

“Secara tersirat, petugas kepolisian berusaha memberikan pelayanan, ketertiban dan keamanan yang selaras dengan sifat-sifat Allah tersebut. Yakni penuh kasih dan sayang kepada massa aksi,” kata Fadil.

Personel Brimob yang tergabung dalam Pasukan Dzikir Asmaul Husna melakukan salat di depan Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (24/10). Sebanyak 299 personel dikerahkan untuk menjaga demo menolak Perppu Ormas di gedung DPR. (Liputan6.com/JohanTallo)

Fadil mengatakan, seluruh anggota Polda Metro Jaya berkomitmen akan selalu menebarkan kebaikan di tengah pengamanan unjuk rasa.

“Upaya Pasukan Basmalah dan Asmaul Husna sangat efektif. Tidak ada tindakan represif sedikitpun selama aksi. Terima kasih atas kerja sama seluruh petugas dan teman-teman pendemo,” ungkapnya.

Fadil menekankan, agar semua para pemangku kepentingan aksi selalu bertindak kooperatif agar tidak ada lagi kericuhan saat demo berlangsung.

"Semua akan berjalan baik dan aman jika aturan dan kewajiban selama aksi terus digalakkan," katanya.

Lewat lantunan Basmalah ini, Fadil berharap tidak ada lagi permusuhan dan dendam antara petugas dan masyarakat.

“Kami disumpah oleh negara untuk menjaga ketertiban dan keamanan. Bukan hanya bagi para pendemo, tetapi seluruh masyarakat. Memberi kenyamanan dan keamanan di lingkungan masyarakat,” kata Fadil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aksi Demo Berlangsung Kondusif

Sebelumnya, massa pengunjuk rasa terkait kenaikan harga BBM di kawasan Patung Kuda Monas, Jakarta Pusat tampak kondusif membubarkan diri diiringi lantunan Asmaul Husna, Senin (12/9/2022).

Kelompok yang terakhir menyampaikan aksi, yakni Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR) atau massa Persaudaraan Alumni (PA) 212 membubarkan diri sekitar pukul 17.00 WIB yang sebagian besar berjalan ke arah Stasiun Gambir.

Sementara massa mahasiswa dari Universitas Ibnu Khaldun Bogor membubarkan diri dari lokasi unjuk rasa pada pukul 17.20 WIB yang berjalan ke arah Medan Merdeka Selatan, tempat kendaraan milik pengunjuk rasa parkir.

Kedua massa tersebut membubarkan diri dari lokasi pada pukul 17.30 WIB, diiringi dengan imbauan dan lantunan Asmaul Husna dari petugas kepolisian.

"Kami mengucapkan terima kasih atas penyampaian aspirasinya hari ini dan bisa berjalan dengantertib. Selamat jalan, semoga sampai ke rumah dengan selamat," kata petugas kepolisian lewat pengeras suara yang diiringi Asmaul Husna dari beberapa petugas kepolisian yang menggunakan kopiah dan serban putih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.