Sukses

Cerita Ma'ruf Amin Saat Dirinya Diminta Presiden Jokowi Berbelok Jadi Wapres

Hal tersebut disampaikan Ma'ruf Amin saat peresmian Masjid Raya Baiturrahman dan Gedung MUI, Jawa Tengah, Sahal Mahfudh.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengungkapkan pengalamannya saat dirinya mau menjadi wakil presiden. Dia bercerita bila dirinya sudah mengikuti jejak Kiai Haji Sahal Mahfudh, sampai akhirnya diminta berbelok oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Wapres. 

Hal tersebut disampaikan Ma'ruf saat peresmian Masjid Raya Baiturrahman dan Gedung MUI Jawa Tengah, Sahal Mahfudh. 

"Saya mengikuti jejak beliau (Kiai Haji Sahal Mahfudh). Jadi, beliau Rais Aam, merangkap Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan saya mengikuti beliau sebagai Rais Aam dan juga Ketua Umum MUI. Tapi saya disuruh belok sama Pak Jokowi menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia," kata Wapres Ma'ruf di Semarang dilansir Antara, Jumat (23/9/2022). 

Untuk diketahui, peresmian Masjid Raya Baiturrahman dan Gedung MUI Jawa Tengah Sahal Mahfudh juga dihadiri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, Ketua MUI Jawa Tengah Ahmad Darodji, dan pejabat terkait lainnya.

"Jadi, memang pantas beliau (K.H. Sahal Mahfudh) dicantumkan namanya. Karena beliau selain memang patut dicontoh, patut dijadikan teladan, patut juga pandangan-pandangannya dijadikan panutan. Tapi juga ditempel dan itu menjadi tradisi umat Islam untuk meletakkan nama di monumen-monumen agar senantiasa memberikan inspirasi kepada kita semua," kata Wapres Ma'ruf Amin.

Kiai Haji Achmad Sahal Mahfudh adalah Ketua MUI periode 2000-2014. Sebelumnya, selama dua periode Kiai Sahal Mahfudh menjabat sebagai Rais Aam Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama periode 1999-2014.

Ia juga adalah pengasuh Pondok Pesantren Maslakul Huda Putra di Kajen, Margoyoso, Pati, Jawa Tengah.

"Ketika melihat dan mendengar namanya, kita terinspirasi dengan langkah-langkah beliau yang sejak mulai ketua MUI Jawa Tengah sampai menjadi ketua umum MUI pusat," tambah Ma'ruf. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pujian Ma'ruf Amin untuk Menteri PUPR

Dalam moment tersebut, Wapres Ma'ruf Amin juga sempat melontarkan pujian kepada Menteri Tenaga Kerja Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Saya tanya, tadi ke mana beliau ini? Ternyata beliau diam-diam suka sholat di sini. Karena beliau tahu situasi di sini dan menganggap tidak pantas sebagai masjid yang memiliki sejarah. Untuk itu beliau mengusulkan untuk dibangun," ungkap Wapres.

Hasilnya, berdirilah Masjid Baiturrahman yang megah di tengah Kota Semarang.

"Jadi, kalau ingin masjidnya baik, undang beliau sholat diam-diam di masjidnya. Renovasi Masjid Istiqlal (senilai) Rp652 miliar, ya beliau ini. Diam-diam beliau ini dan beberapa masjid yang lain," tambah Ma'ruf Amin. 

Dengan renovasi Masjid Baiturrahman dan Gedung MUI Jawa Tengah, Wapres Ma'ruf berharap MUI Jawa Tengah dapat bekerja dengan lebih semangat.

"Lebih giat karena khitah majelis ulama, khitahnya ulama, khitahnya para nabi adalah islahiyah, yaitu perbaikan bukan mencari kekuasaan atau kemuliaan, tidak, tapi mencari perbaikan-perbaikan," tegas Wapres.

 

3 dari 3 halaman

Telan Biaya Rp92,58 Miliar

Renovasi Masjid Raya Baiturrahman yang terletak dekat  Simpang Lima Kota Semarang dilakukan dalam waktu satu tahun sejak Agustus 2021 hingga Agustus 2022 di lahan seluas 11.765 meter persegi.

Sedanglan luas bangunan mencapai 13.750 meter persegi dengan menelan biaya Rp92,58 miliar.

Pembangunan Masjid Baiturrahman diinisiasi oleh Yayasan Masjid Candi yang telah berdiri sejak tahun 1955 dengan pendirinya H.M Bachroen, R.M.T. Panji Mangunnegoro dan Ahmad Bastari.

Kedepannya Masjid Baiturrahman diharapkan dapat menjadi landmark baru tujuan wisata di pusat Kota Semarang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.