Anies Harap Pemerintah Pusat Buat Rute KRL Menuju JIS

Oleh Liputan6.com pada 23 Sep 2022, 00:10 WIB
Diperbarui 23 Sep 2022, 00:10 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meluncurkan Logo JAKHABITAT dan Peresmian Galeri Huni di Taman Martha Tiahahu (Liputan6.com/Winda Nelfira)
Perbesar
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meluncurkan Logo JAKHABITAT dan Peresmian Galeri Huni di Taman Martha Tiahahu (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengharapkan pemerintah pusat membuat rute KRL menuju Jakarta International Stadium (JIS). Pasalnya, stasiun KRL yang terdekat dengan JIS adalah Stasiun Ancol dengan jarak sekitar 3 kilometer.

Hal tersebut sebagaimana tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 25 Tahun 2022 tentang Rencana Pembangunan Daerah (RPD) DKI Jakarta tahun 2023-2026 yang diteken Anies sejak 10 Juni 2022 lalu.

Menurut Anies, transportasi umum dari dan menuju JIS sangat penting untuk mengembangkan dan menghidupkan kawasan stadion dengan berbagai kegiatan olahraga, seni budaya, ekonomi, hingga keagamaan.

“Akses dari dan menuju kawasan (JIS) juga akan terintegrasi dengan moda transportasi publik seperti BRT, MRT, dan LRT yang terhubung dengan akses pejalan kaki yang memadai. Selain itu juga, didorong melalui pengembangan aksesibilitas stasiun KRL JIS yang merupakan kewenangan pemerintah pusat,” bunyi Pergub tersebut yang dikutip pada Kamis (22/9/2022).

Lebih lanjut, RDP ini juga mencatat bahwa terdapat rencana pembangunan LRT Jakarta Fase 2A sepanjang 8km dari Kelapa Gading - JIS dan Fase 3A rute JIS - Rajawali sepanjang 5,6 km.

Selain integrasi transportasi umum, Anies juga berharap adanya integrasi dari sisi bisnis dan manajemen untuk memaksimalkan potensi ekonomi pariwisata yang tinggi.

“Konsep integrasi kawasan ini tidak hanya dari sisi fisik, tetapi juga dari sisi bisnis dan manajemen untuk memaksimalkan potensi ekonomi pariwisata yang tinggi, misalnya dengan mengintegrasikan dengan kawasan wisata Ancol. Potensi nilai ekonomi olahraga telah dibuktikan oleh penyelenggaraan event olahraga internasional ASIAN Games pada tahun 2018 yang telah mendatangkan banyak wisatawan mancanegara,” tulis RDP tersebut.

Kemudian, Anies juga berharap untuk merencanakan pagelaran acara serupa ASIAN Games untuk membangun citra positif untuk Jakarta.

“Selanjutnya, penyelenggaraan event serupa perlu direncanakan untuk membangun citra positif Jakarta sebagai kota yang mampu menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan event olahraga internasional. Infrastruktur yang dibangun dalam penyiapan penyelenggaraan event tersebut juga dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas sarana perkotaan,” catat Pergub tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pedoman Pj Gubernur

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Liputan6.com/Anies Baswedan)
Perbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Liputan6.com/Anies Baswedan)

Untuk diketahui, RPD ini digunakan oleh Penjabat (Pj) Gubernur sebagai pedoman untuk penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah tahun 2023-2026.

Lalu, RDP ini berfungsi sebagai pedoman Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintahan Daerah, Rencana Strategis Perangkat Daerah,Rencana Kerja Perangkat Daerah serta dokumen perencanaan pembangunan lainnya pada periode tahun 2023 sampai dengan tahun 2026 sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Reporter: Lydia Fransisca

Sumber: Merdeka.com

Infografis Jelang Akhir Jabatan Gubernur Anies Baswedan dan Wagub Ahmad Riza Patria. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Jelang Akhir Jabatan Gubernur Anies Baswedan dan Wagub Ahmad Riza Patria. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya