Sukses

Sandiaga Uno: Kontestasi 2024 Fokus pada Keberlanjutan dan Pemulihan Ekonomi

Sandiaga mengungkapkan tidak mau terlalu jauh mendalami terkait kontestasi di Pemilu atau Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno mengaku dirinya mengedepankan inklusivitas dan persahabatan dengan semua partai politik.

Namun demikian, Sandiaga Uno mengaku hingga saat ini dirinya tetap fokus dalam menjalankan amanah dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam mengawal kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia setelah dihantam pandemi Covid-19 dan gejolak ekonomi global.

"Ya tentunya saya menyadari bahwa proses kontestasi demokrasi itu akan banyak diwarnai dinamika-dinamika yang harus kita sikapi dengan bijaksana," ujar Sandiaga Uno di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Rabu (21/9/2022) .

Ia mengungkapkan tidak mau terlalu jauh mendalami terkait kontestasi di Pemilu atau Pilpres 2024. Pasalnya dirinya saat ini memiliki pekerjaan rumah besar dalam membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang sempat terpuruk selama dua tahun terakhir.

"Terkait tahapan pemilu tentunya sekarang kita fokus pada tugas di Kementerian, sebagai pembantu Presiden. Ada tantangan-tantangan ekonomi seperti seperti resesi dunia yang harus kita sikapi," ucap Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno meyakini apabila dapat bekerja dengan baik dalam menjalankan tugasnya di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI maka masyarakat akan mendapatkan kesejahteraan dan pemulihan ekonomi.

"Jika kita bisa menyelesaikan tantangan ekonomi ini, saya yakin kontestasi di 2024 akan fokus pada keberlanjutan kepemimpinan dan perbaikan dari sisi ekonomi yang ditunggu oleh masyarakat," ucapnya.

Pengusaha muda yang juga Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menilai dinamika politik yang tengah terjadi saat ini harus disikapi dengan kepala dingin, hati lapang, serta tetap fokus dalam menjaga amanah rakyat yakni memberikan kesejahteraan seluas-luasnya kepada masyarakat.

"Jadi dinamika ini perlu kita sikapi dengan bijaksana, apresiasi atas aspirasinya, jangan sampai kita hilang fokus dalam menyikapi perbaikan. Saya berkomunikasi sangat intens dengan partai-partai karena selalu diundang seluruh partai di rapat kerja di DPR, saya terbuka dan bersahabat dengan semua partai," pungkas Sandiaga Uno.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Capres Potensial

Sandiaga Uno dinilai menjadi capres potensial dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024. Ini lantaran Menparekraf tersebut memiliki  popularitas dan elektabilitas.

Hal itu disampaikan Ekonom Universitas Indonesia sekaligus Direktur Eksekutif Next Policy, Fithra Faisal Hastiadi dalam diskusi politik bertajuk 'Menakar Gagasan Capres 2024 dan Tantangan Ekonomi Indonesia' di kawasan Tebet, Jakarta Selatan pada Selasa (13/9/2022).

Dipaparkannya terdapat empat tokoh yang memiliki visi ekonomi maju dalam Pilpres 2024. Antara lain, Menteri Keuangan Sri Mulyani; Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir; Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Berdasarkan kajian yang dilakukan Next Policy, keempatnya diungkapkan Fithra diyakini masyarakat membawa menjawab berbagai tantangan perekonomian bangsa di masa depan. Namun dibandingkan tiga tokoh lainnya, lanjutnya, hanya Sandiaga Uno yang dinilai memiliki modal.

 

3 dari 3 halaman

Elektabilitas Sandiaga

Mulai dari latar belakang ekonomi, sejumlah prestasi dalam pemulihan sektor parekraf hingga popularitas dan elektabilitas.

"Nah dari empat ini, saya rasa mampu untuk menjawab tantangan-tantangan (ekonomi) ke depan, cuma kan kita harus kemudian mengkombinasikan pemahaman dengan kemudian dalamnya konteksnya grass root-nya mendukung atau tidak," ujar Fithra.

"Di antara empat ini, Sandiaga Uno yang paling mencorong," tambahnya.

Sandiaga Uno pun diungkapkannya mampu menjawab beragam tantangan ekonomi ke depan. Terlebih terkait pengentasan pengangguran dan stabilitas harga kebutuhan pokok yang kini masih jauh dari harapan masyarakat.

"Dan sekali lagi kalau kita melihat dari sisi dominasi pemahaman dan juga dari sisi apa yang sudah selama ini dikerjakan, sosok Sandiaga Uno ini lebih banyak bekerja di sisi itu (pemulihan ekonomi)," ungkap Fithra.

"Jobs and prices (stabilitas harga kebutuhan pokok), yang artinya kita ingin mendongkrak perekonomian dan produktivitas yang mana itu bisa me-leverage (memberikan manfaat) perekonomian di masa depan," paparnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.