Sukses

Kemenkominfo Gelar Webinar, Ungkap Keuntungan Berjualan Via E-Commerce

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi menyelenggarakan kegiatan webinar dengan tema “Konsep Bisnis Digital: Selling Through E-commerce Platform”, Rabu (21/9/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi menyelenggarakan kegiatan webinar dengan tema “Konsep Bisnis Digital: Selling Through E-commerce Platform”, Rabu (21/9/2022).

Webinar tersebut dihadiri oleh lebih dari 1.300 orang dari berbagai kelompok masyarakat/komunitas di wilayah Sumatera yang menghadirkan narasumber Rizki Nugroho, Podcaster & Co-Founder Paberik Soeara Rakjat; Syarif Maulana, Business Consultant & Praktisi Literasi Digital; serta Bayu Sutjiatmo, Ketua Prodi Perdagangan Internasional Politeknik APP Jakarta & Praktisi Literasi Digital. 

Dalam webinar tersebut, Syarif Maulana membahas konsep selling through e-commerce platform ditinjau dari perspektif cakap digital. Ia menjelaskan, E-commerce adalah perdagangan elektronik dimana aktivitas perdagangan dilakukan secara elektronik atau digital dengan bantuan internet.

"Dalam rangka untuk memahami proses penjualan menggunakan e-commerce terdapat 3 (tiga) kelebihan yang perlu diketahui untuk memudahkan kita dalam melakukan kegiatan tersebut. Pertama, di dalam e-commerce kita dapat menjual banyak produk sekaligus. Kedua, mudah dalam proses pembayaran. Terakhir, produk dapat dibeli kapan dan dimana saja," papar Syarif Maulana.

Bayu Sutjiatmo memperkaya pembahasan mengenai konsep selling through e-commerce platform ditinjau dari perspektif etika digital. Menurutnya, ada 3 etika yang perlu kita lakukan setiap melakukan penjualan melalui e-commerce.

"Pertama, hindari menggunakan konten produk milik orang lain. Kedua, selalu menyapa dan berkomunikasi dengan baik dan santun kepada konsumen. Terakhir, tidak menjelek jelekan produk lain dalam melakukan promosi atau memberikan penjelasan kepada konsumen," jelas Bayu Sutjiatmo.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perspektif Keamanan Digital

Rizki Nugroho melengkapi pembahasan mengenai konsep selling through e-commerce platform ditinjau dari perspektif keamanan digital.  Ia menjelaskan, ada tiga aktivitas sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga keamanan dalam melakukan transaksi melalui e-commerce.

"Pertama, tidak sembarangan membagikan kode OTP kepada oranglain. Kedua, jangan pernah membuka link atau web dari sumber yang tidak dipercaya. Terakhir, selalu melakukan penggantian password secara berkala," ujar Rizki Nugroho.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.