Sukses

KAHMI Jaya Klaim Pertemuan Ormas di Rumah Dinas Anies Tak Bahas Pilpres 2024

Puluhan pemimpin ormas menggelar pertemuan tertutup di rumah dinas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pertemuan ini diinisiasi KAHMI Jaya.

Liputan6.com, Jakarta - Pengurus Majelis Wilayah (MW) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam Jakarta Raya (KAHMI Jaya) Syaiful Jihad mengklaim, pertemuan tertutup 59 pimpinan organisasi kemasyarakatan (ormas) ke rumah dinas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hanya berupa silaturahmi.

"Ini silaturahmi biasa tidak ada unsur-unsur lain, dan saya yang undang. Ini bukan perintah Pak Anies. Saya dan beberapa ormas yang kumpul dan ada usulan supaya silaturahmi pimpinan ormas tingkat DKI dengan Pak Gubernur," kata Syaiful di Jalan Suropati, Nomor 7 Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (20/9/2022).

Dia juga mengkalim pertemuan tersebut tidak membahas soal Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Dia menegaskan, telah melarang para perwakilan ormas yang hadir untuk menyinggung hal-hal yang  berbau Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Tadi pas Anies di dalam sudah saya sampaikan tidak ada teriakan presiden dan sudah saya larang dan tidak ada arah ke sana. Saya sampaikan hanya ucapan terima kasih saja bahwa dalam lima tahun sudah berkolaborasi termasuk kritik dan sebatas itu," ujarnya.

Syaiful menyampaikan, kedatangan para pemimpin ormas ke rumah dinas Gubernur DKI ini sekaligus untuk mendoakan Anies Baswedan yang pada 16 Oktober 2022 mendatang selesai menjalankan amanahnya memimpin Jakarta.

"Sebenarnya intinya itu juga mendoakan Pak Anies untuk mengakhiri Gubernur secara baik, kalau bahasa islamnya husnul khotimah. Jadi Pak Anies berakhir secara husnul khotimah," kata dia.

Syaiful mengaku menjadi pihak yang mengundang para pimpinan ormas DKI Jakarta yang bertandang ke rumah dinas Anies. Menurut dia, setidaknya ada lebih kurang 68 ormas yang ingin bertemu Anies di rumah dinasnya.

"Kita undangnya sebenarnya awalnya hanya berapa 60, kemudian banyak yang komplain segala macam kenapa kita diundang, akhirnya ada 68 kemudian bertambah lah itu," kata Syaiful.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anies Sebut Pertemuan Sudah Diagendakan Lama

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku tak menyangka bakal dikunjungi puluhan ormas DKI Jakarta. Dia mengatakan, pertemuan dengan puluhan ormas tak lebih dari silaturahmi saja.

"Saya menyambut teman-teman dari berbagai ormas yang mengajak silaturahmi. Saya sendiri tidak mengira jumlahnya sebanyak ini," kata dia.

Anies menyatakan, pertemuan dengan puluhan ormas telah dijadwalkan sejak lama. Dia menyatakan senang dapat menyambut para ormas yang telah menemani perjalanan karier politiknya sebagai Gubernur DKI Jakarta selama lima tahun belakangan.

"Ketika teman-teman menyampaikan ingin silaturahmi lebih ngobrol-ngobrol ya kita, ngobrol di rumah, sehingga sore ini saya menyambut mereka, kita mengobrol panjang karena ini adalah teman-teman yang bekerja bersama selama lima tahun terakhir," jelas dia.

"Mereka ingin silaturahmi menjelang akhir masa tugas dan rencana yang sudah dibuat beberapa minggu akhirnya sore hari ini bisa terselenggara," lanjut dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.