Sukses

Pembangunan Gedung PYCH di Papua Capai 84 persen

Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) yang diinisiasi oleh anak muda yang tergabung dalam Papua Muda Inspiratif (PMI) ini telah mencapai 84 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) yang diinisiasi oleh anak muda yang tergabung dalam Papua Muda Inspiratif (PMI) ini telah mencapai 84 persen.

Luas lahan 1,5 Ha yang diinisiasi Kepala BIN, Jenderal Pol (Purn) Prof Budi Gunawan, SH, MSi bersama dengan Presiden Ir. H. Joko Widodo ini disambut antusias oleh para pemuda dan masyarakat Papua.

"Pembangunan Gedung PYCH ini mencapai 84 persen," kata Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Papua Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Corneles Sagrim dalam keterangannya, Senin (19/9/2022).

Badan Intelijen Negara (BIN) Republik Indonesia yang membina anak muda di PMI, mendukung pembangunan gedung yang bakal menjadi pusat pengembangan diri talenta muda di wilayah berjuluk Bumi Cenderawasih tersebut.

Menurut Corneles, pembangunan gedung ini dimulai pada Oktober 2021 dan semula direncanakan selesai Desember 2022. Kemudian, pembangunan ini diupayakan dipercepat untuk bisa selesai pada oktober 2022, namun dengan tetap mengedepankan kualitas dari pembangunan proyek tersebut. Rencananya, gedung ini akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada Oktober 2022, atau paling lambat Desember 2022.

"Kita membangun gedung ini dengan kualitas sangat baik. Pak Jokowi rencananya akan meresmikan gedung ini," kata Corneles.

Gedung seluas 15 hektar ini memiliki berbagai fasilitas, diantaranya dapat digunakan untuk co-working space, ruang untuk teknologi pembelajaran, teknologi digital, ruang konser, ruang untuk inovasi-inovasi produk, asrama, dan fasilitas olahraga.

Luas bangunan utama sekitar 3.520 meter persegi dan bangunan penunjang 1.812 meter persegi. Bangunan PYCH nantinya juga dilengkapi bangunan dormitory atau ruang asrama serta lahan parkir berkapasitas 53 mobil, 154 motor dan lanskap.

Selain itu, Cornelis mengatakan desain arsitektur gedungnya diambil dari rumah adat di Papua, yaitu rumah adat Kariwari dan rumah adat Honai. Gedung ini juga bakal menampilkan ornamen yang berasal dari tujuh daerah di Papua.

"Ornamen 7 wilayah adat. Titik-titiknya sudah di desain, tinggal dipasang," imbuhnya.

Groundbreaking gedung PYCH ini oleh Presiden Jokowi pada Oktober 2021 lalu. Kepala BIN Budi Gunawan turut memberikan sambutan kala itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Progres Detail Pembangunan

 

Hingga Minggu ke-51 progres pembangunan fisik PYCH Jayapura sudah mencapai 84,137%, dari rencana progres 82,658%, atau terdeviasi lebih cepat 1,479%.

Adapun rincian progress pembangunan PYCH antara lain, tahap perencanaan mencapai 1,84% (bobot 2,00%), tahap persiapan 3,57% (bobot 4,43%), pekerjaan struktur 40,67% (bobot 40,08%), pekerjaan arsitektur 12,34% (bobot 15,78%), pekerjaan mekanikal elektrikal 12,78% (bobot 20,55%) dan pekerjaan landscape 13,51% (bobot 16,57%).

Rencana kerja pada minggu selanjutnya pada Gedung Utama antara lain pemasangan penutup atap dome, pekerjaan expose balok lantai 2, pekerjaan plestern dan acian lantai 2, dan pemasangan fasad kariwari. Pada Gedung Asrama A dan B antara lain pemasangan keramik lantai toilet, pengecatan plafon lantai 2, pengecatan dinding lantai 2 dan pemasangan kusen lantai 1 dan 2.

Pada pekerjaan Landscape antara lain, finishing dinding bangunan utilitas, pemasangan paving block, pekerjaan taman, saluran dan pagar. Pada pekerjaan MEP Gedung Utama, antara lain instalasi elektrikal dan elektronik, instalasi hydrant dan instalasi AC.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.