Sukses

Jenazah Azyumardi Azra Diberangkatkan ke TMP Kalibata

Jenazah Prof Azyumardi Azra, langsung diberangkatkan ke Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta untuk dimakamkan, Senin (20/9/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Jenazah Prof Azyumardi Azra, langsung diberangkatkan ke Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta untuk dimakamkan, Senin (20/9/2022).

Peti jenazah yang masih diselimuti bendera merah putih itu pun, dibopong oleh ratusan orang keluar dari Auditorium UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Lantunan salawat dan Laillaha illaAllah, terus dikemumandangkan mengiringi kepergian mobil jenazah yang membawa jasad beliau.

Dibelakangnya, terdapat mobil sejumlah pejabat yang akan ikut langsung ke pemakaman. Seperti Menkopolhukam, Mahfud MD, yang ikut dalam rombongan. Imam besar Masjid Istiqlal Nasruddin Umar, Rektor UIN Syarif Hidayatullah, Amany Lubis juga ikut dalam rombongan.

Anies Baswedan yang sempat ikut menyolatkan jenazah Prof Azyumardi Azra, tidak ikut dalam rombongan pemakaman.

Arus lalu lintas pun sempat dilakukan skema pelancaran, agar rombongan jenazah Prof Azyumardi Azra lancar sampai pemakaman Kalibata.

Sebelumnya, Jenazah Prof Azyumardi Azra disolatkan oleh ribuan orang terdiri dari mahasiswa, aktifis, akademisi, serta sanak keluarga di auditorium UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Selasa (20/19/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiba di Rumah Duka

Setelah menempuh perjalanan dari Bandara Soekarno - Hatta, jenazah Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra tiba di rumah duka di Perumahan Puri Laras 2, Ciputat, Tangsel, Banten. Jenazah dan rombongan tiba di lokasi pada Senin (19/9/2022) pukul 23.53 WIB.

Iring-iringan ambulans dikawal khusus dari personel TNI dan Polri. Selain itu, ada sekitar 10 mobil dalam iring-iringan tersebut.

Di rumah duka, sudah dipenuhi oleh para pelayat. Di antaranya hadir Mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Setibanya di rumah duka, jenazah Azyumardi Azra diturunkan dari mobil. Jenazah disambut pelayat dengan lantunan tahlil. Selain itu, pelayat juga membaca surat alfatihah sesaat peti jenazah diturunkan dari mobil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.