Sukses

Cuaca Hari Ini Selasa 20 September 2022, Jabodetabek Cerah hingga Malam Nanti

Cuaca cerah berawan terjadi di wilayah Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bogor hingga malam hari. Namun, siang nanti, Bogor diprediksi BMKG bakal hujan ringan.

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca cerah berawan menyelimuti seluruh wilayah DKI Jakarta hari ini, Selasa (20/9/2022). 

Langit cerah di Ibu Kota tersebut terjadi pada pagi hingga malam nanti. Tak ada awan mendung maupun hujan turun yang bakal terjadi sepanjang hari ini. 

Begitu pun dengan daerah penyangga Jakarta. Cuaca cerah berawan di wilayah Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bogor terjadi hingga malam hari. 

Namun, ada satu titik yang diprediksi BMKG akan turun hujan dengan intensitas ringan pada siang nanti, yaitu Bogor. BMKG bahkan mengeluarkan peringatan dini cuaca, akan adanya hujan angin di wilayah tersebut.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada waktu antara siang hingga menjelang malam hari di sebagian wilayah Kab dan Kota Bogor," kata BMKG.

Berikut informasi prakiraan cuaca untuk wilayah Jabodetabek selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota  Pagi  Siang  Malam 
 Jakarta Barat   Cerah  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Jakarta Pusat   Cerah  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Jakarta Selatan   Cerah  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Jakarta Timur   Cerah  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Jakarta Utara   Cerah   Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Kepulauan Seribu   Cerah  Cerah Berawan   Cerah
 Bekasi  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
Depok Cerah Berawan Cerah Berawan Cerah Berawan
Bogor  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
Tangerang   Cerah Berawan   Cerah Berawan  Berawan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

BMKG Peringatkan Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang pada 18-20 September

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga mengeluarkan peringatan dini hujan lebat di beberapa wilayah pada 18-20 September 2022. Selain hujan lebat, BMKG memperingatkan potensi angin kencang.

BMKG, seperti dilansir Antara, menyebutkan sejumlah wilayah yang berpotensi hujan lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang pada hari ini, Minggu (18/9/2022) adalah Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, dan Sumatera Selatan.

Kemudian, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku, serta Papua.

Sementara provinsi yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada hari ini yakni DKI Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Tenggara.

Sedangkan wilayah yang berpotensi angin kencang, yakni Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

3 dari 3 halaman

Wilayah yang Berpotensi Hujan Lebat

Pada Senin 19 September 2022, provinsi yang berpotensi hujan lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang, yakni Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara

Untuk provinsi yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang, yakni Aceh, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, dan Maluku.

Sedangkan wilayah yang berpotensi mengalami angin kencang, yakni Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur.

Pada Selasa 20 September 2022, provinsi yang berpotensi hujan lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang, yakni Aceh, Sumatera Barat, Riau, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sementara, wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang, yakni Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, dan Kalimantan Selatan.

Sedangkan wilayah yang berpotensi terjadi angin kencang, yakni Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.