Sukses

Infografis WHO Sebut Akhir Pandemi Covid-19 Sudah di Depan Mata

Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus optimistis pandemi Cpvid-19 akan segera berakhir. Namun, Dirjen WHO mengingatkan setiap negara di dunia harus tetap waspada.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 telah berlangsung selama lebih dari 2 tahun. Kendati demikian, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia atau Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus optimistis pandemi Covid-19 akan berakhir. Namun, Dirjen WHO mengingatkan setiap negara di dunia harus tetap waspada.

"Kita tidak pernah berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengakhiri pandemi. Kita belum sampai di sana, tetapi akhir sudah di depan mata," ujar Tedros Adhanom Ghebreyesus di Jenewa, Swiss, Rabu 14 September 2022.

Namun, Dirjen WHO itu menekankan, dunia perlu meningkatkan upaya mereka untuk merebut kesempatan ini. "Bila kita tidak mengambil kesempatan ini sekarang, kita berisiko melihat lebih banyak varian, kematian, gangguan dan ketidakpastian."

Merujuk laporan epidemiologi terbaru WHO terkait COVID-19, jumlah kasus yang dilaporkan menurun 28 persen menjadi 3,1 juta pada pekan yang berakhir pada 11 September lalu. Ini menyusul penurunan 12 persen seminggu sebelumnya.

Hanya saja, badan di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB itu telah memperingatkan anjloknya jumlah kasus itu bersifat menipu. Sebab, banyak negara telah mengurangi tes Covid-19 dan mungkin tidak mendeteksi kasus-kasus yang tidak parah.

"Jumlah kasus yang dilaporkan kepada WHO, kita tahu itu di bawah jumlah sebenarnya," kata Ketua Teknis Program Darurat Kesehatan WHO Maria Van Kerkhove, Kamis 15 September 2022.

Adapun Presiden Amerika Serikat Joe Biden yakin pandemi COVID-19 sudah berakhir. Namun, Biden mengakui AS masih memiliki masalah dengan virus Corona yang telah menewaskan lebih dari 1 juta orang di negaranya tersebut.

"Pandemi sudah berakhir. Kami masih memiliki masalah dengan Covid. Kami masih melakukan banyak pekerjaan untuk itu. Tetapi, pandemi sudah berakhir," ucap Joe Biden dalam penampilan di "60 Minutes" CBS, Minggu 18 September 2022.

Apa saja rekomendasi WHO untuk setiap negara agar mengakhiri pandemi Covid-19? Bagaimana ragam tanggapan WHO menyebut akhir pandemi Covid-19 sudah di depan mata? Simak dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis WHO Sebut Akhir Pandemi Covid-19 Sudah di Depan Mata

3 dari 4 halaman

Infografis 6 Rekomendasi WHO untuk Akhiri Pandemi Covid-19

4 dari 4 halaman

Infografis Ragam Tanggapan WHO Sebut Akhir Pandemi Covid-19 Sudah di Depan Mata

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.