Sukses

Selain Bertemu JK dan AHY, Ternyata Anies Juga Ngobrol dengan Ahok

Anies Bertemu Ahok Saat Hadiri Pernikahan Anak Politkus NasDem

Liputan6.com, Jakarta Publik digegerkan dengan perteuan para elite politik yang secara tidak sengaja. Dari foto yang tersebar ke kalangan wartawan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu dengan mantan Wakil Presiden yang juga eks Ketua Umum Partai Golkar Jusuf Kalla alias JK, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Kemudian Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, dan Ketua Umum Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Belakangan pertemuan tersebut diketahui saat para elite politik tersebut hadir di acara pernikahan anak politikus NasDem, Sugeng Suparwoto di Lounge InterContinental Pondok Indah, Minggu 18 September 2022.

Saat dikonfirmasi, Anies Baswedan mengaku selain bertemu dengan para elite politik tersebutm dirinya juga mengobrol dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki yang juga politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

"Iya lah, kita ngobrol," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (19/9/2022).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tersebut mengungkapkan, ia tidak sengaja bertemu dengan Ahok. Menurut Anies dirinya bersama dengan Ahok saling bercerita tentang banyak hal.

"Kemarin, saya tugas menjadi saksi nikah. Lalu, di hotel situ, kebetulan sedang ada Pak Basuki. Beliau sedang ada pertemuan dengan tamu. Jadi beliau acara sendiri. Saya datang, terus kita ngobrol di situ. Tanya kabar keluarga, saling cerita, gitu aja. Rileks," kata Anies

Namun, Anies mengatakan bahwa mereka tidak membicarakan persoalan DKI Jakarta.

"Enggak (ngomongin Jakarta). Nggobrol rileks saja. Beda sama pertanyaan wartawan. Ngomong santai saja," tambah Anies.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Anies Ungkap Pembicaraan saat Bertemu Presiden PKS, Surya Paloh, JK dan AHY

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara pernikahan anak dari Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto yang merupakan politikus NasDem, pada Minggu, 18 September 2022. 

Dalam acara tersebut, Anies mengaku membahas seluruh hal termasuk muatan politik. 

"Jadi ngobrolnya, ngobrol resepsi. Kumpul di situ. Kemudian, ngalor ngidul yang diomongin. Semuanya dibahas," kata Anies ketika ditemui di Monumen Nasional (Monas) Sisi Selatan, Jakarta Pusat, Senin (19/9/2022). 

Pasalnya, dalam foto yang beredar, Anies  berfoto bersama Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketum PKS Ahmad Syaikhu, Ketum NasDem Surya Paloh, dan Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

"Jadi itu pernikahan putrinya Pak Sugeng Suparwoto tadi malam. Saya menjadi saksi siangnya. Lalu, malamnya ada resepsi. Itu saja," tambah Anies. 

Namun, Anies tidak merinci pembahasan dalam obrolannya tersebut. 

"Kalau itu tanya sama parpol. Jadi tadi malam resepsi acaranya," tambah Anies.

Siap Jadi Capres

Sebelumnya, Anies Baswedan menyatakan siap maju dalam kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) sebagai calon presiden (capres) pada 2024. Hal ini, diungkapkan Anies saat diwawancara oleh sebuah media asing saat berada di Singapura.

"Saya siap mencalonkan diri sebagai presiden jika sebuah partai mencalonkan saya," kata Anies kepada Reuters seperti dikutip dari Taipeitimes, Jumat 16 September 2022.

Anies bakal mengakhiri masa jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 16 Oktober 2022 mendatang. Selama beberapa bulan belakangan, namanya selalu muncul dalam berbagai survei independen sebagai salah satu tokoh yang diperkirakan bakal mengikuti Pilpres 2024.

Menanggapi hal tersebut, Anies mengatakan survei tersebut cukup mencengangkan, lantaran ia belum berkampanye. Selain itu, dia masih menjabat sebagai orang nomor satu di Ibu Kota. Menurut Anies, survei itu justru memberikannya tambahan kepercayaan.

"Survei yang tidak diminta ini terjadi bahkan sebelum saya berkampanye, saya pikir mereka memberi saya lebih banyak kredibilitas," kata Anies.

 

 

3 dari 3 halaman

Demokrat Sebut Anies-AHY Diapit 3 King Maker

Juru bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra membagikan foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) diapit oleh Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Ketua NasDem Surya Paloh, dan Mantan Wapres Jusuf Kalla.

Pada keterangan foto yang diubggah di akun Instagram miliknya, Herzaky menuliskan foto itu terjadi di acara pernikahan anak Sugeng Prawoto, anggota DPR RI dari NasDem pada Minggu 18 September 2022.

“Bakal pasangan calon diapit tiga King Maker, 1 di tengah dan 2 di ujung? Bismillah. Ikhtiar terus, doa terus kita. Setuju?,” tulis Herzaky, dikutip, Senin (19/8/2022).

Sementara itu, pada awak media Herzaky menyatakan memang antara AHY, Anies hingga Surya Paloh sangat akrab dan intens berkomunikasi.

“Beliau-beliau tampak sangat akrab dan dekat di acara tersebut. Sangat nyaman berada di sekeliling satu sama lain. Karena memang sering berkomunikasi dan berinteraksi. Apalagi sekarang makin intens. Sama-sama punya semangat mengusung perubahan dan perbaikan untuk Indonesia ke depannya,” kata Herzaky.  

Terkait sinyal koalisi, Herzaky meminta didoakan sebab pihaknya masih menggodok terus.

“Apakah ini pertanda atau sinyal koalisi Pilpres 2024, doakan saja. Untuk koalisi, masih kami godok terus. Semoga kami bisa membentuk koalisi solid yang mengedepankan perubahan dan perbaikan untuk rakyat, bangsa, dan negara ini."

"Pada saatnya, akan kami sampaikan ke publik,” kata dia.

 

Reporter: Lydia Fransisca

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.