Sukses

Pimpin Upacara Peringatan ke-77 Rapat Raksasa Ikada, Anies Bicara Keadilan Sosial

Anies mengatakan, rapat besar IKADA memiliki peran penting dalam meneguhkan kemerdekaan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Rapat Raksasa IKADA ke-77 di Monumen Nasional (Monas) Sisi Selatan, Jakarta Pusat, pada Senin (19/9/2022).

Berdasarkan pantauan di lapangan, upacara dimulai pukul 07.34 WIB. Anies dan peserta upacara menggunakan Pakaian Dinas Harian (PDH) batik.

Anies mengatakan, rapat besar IKADA memiliki peran penting dalam meneguhkan kemerdekaan Indonesia.

"Rakyat di mana-mana membicarakan apakah kita punya masa depan, apakah kita bisa merdeka, dan di mana-mana ada pandangan bahwa merdeka itu adalah keinginan sekelompok kecil orang. Apa yang terjadi? mereka memilih untuk turun tangan langsung berkumpul di tempat ini," kata Anies dalam sambutannya.

Anies juga mengatakan bahwa kala itu, rakyat ingin anak-anak bisa sekolah untuk masa depan yang lebih cerah, ada pelayanan kesehatan sehingga jika sakit, tidak berujung pada pemakaman. Mereka juga ingin mendapatkan kebutuhan pokok yang harganya terjangkau, rumah yang layak, dan kehidupan yang lebih baik.

"Semua itu sampai pada kesimpulan hanya bisa didapat kalau kita bisa mengusir kolonialisme. Itu hanya bisa didapat kalau penjajah terusir dari tanah tempat kita dilahirkan dan itulah yang menjadi semangat mereka semua, sebulan sesudah kemerdekaan dikumandangkan. Mereka turun ke tempat ini membawa pesan kepada para pemimpinnya semua bahwa anda tidak sendirian, anda bukan pejuang seorang diri, tapi kami seluruh rakyat memiliki aspirasi yang sama untuk mendapatkan kemerdekaan, sehingga kita semua bisa merasakan kesejahteraan dan keadilan," kata Anies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahas Keadilan Sosial

Oleh karena itu, Anies meminta pada seluruh masyarakat bahwa peringatan ini harus membuat kita untuk menjadi pembawa kesejahteraan dan keadilan bagi seluruh rakyat.

"Semoga kemerdekaan kita abadi dan keadilan sosial dirasakan oleh seluruh keluarga di Indonesia," ujar Anies.

Reporter: Lydia Fransisca

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.