Sukses

Pergerakan Tanah Sebabkan Jalan Putus, Kampung Cibugis Bogor Terisolasi

Hujan deras yang melanda wilayah Barat Kabupaten Bogor pada Sabtu (17/9/2022), menyebabkan terjadi pergerakan tanah.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras yang melanda wilayah Barat Kabupaten Bogor pada Sabtu (17/9/2022), menyebabkan terjadi pergerakan tanah.

Bencana alam ini menyebabkan akses jalan menuju Kampung Cibugis, Desa Banyuwangi, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, terputus akibat amblas.

"Ada beberapa titik jalan terputus akibat pergerakan tanah sehingga membuat warga di Kampung Cibugis terisolir," ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Aris Nurjatmiko, kepada wartawan, Minggu (18/9/2022).

Aris mengatakan pergerakan tanah disebabkan struktur tanah di wilayah tersebut cukup labil. Selain itu, dipicu hujan deras sejak Jumat sore hingga Sabtu pagi.

"Ada beberapa rumah terdampak dan ruas jalan di beberapa titik amblas cukup dalam. Kami masih mendata berapa bangunan dan panjang jalan yang rusak," kata dia.

Menurutnya, pihak BPBD sudah meminta warga untuk tidak memaksakan diri melintasi jalan tersebut, mengingat masih berpotensi terjadi pergerakan tanah.

"Tim sudah berada di lokasi dan berkoordinasi dengan aparat di wilayah agar menutup jalan itu karena berbahaya," ujarnya.

Sementara itu, Camat Cigudeg Pardi menyebutkan sekitar 23 kepala keluarga (KK) warga dari Kampung Cibugis telah dievakuasi ke tempat aman.

"Untuk mengantisipasi bencana susulan, jadi mereka yang terdampak langsung dievakuasi," kata dia.

Pardi mengatakan, pergerakan tanah menyebabkan akses menuju Kampung Cibugis amblas. Pergerakan tanah yang memicu terjadinya longsor juga membuat beberapa tiang listrik dan pepohonan pun tumbang.

"Ga ada korban, karena kerusakan paling parah itu hanya jalan saja dan saat kejadian tidak ada kendaraan maupun orang yang sedang melintas," terangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rawan Bencana

Pardi menerangkan, Banyuwangi merupakan salah satu desa di Cigudeg yang rawan bencana alam khususnya tanah longsor.

"Beberapa tahun terakhir memang sering longsor, namun kali ini terjadi pergerakan tanah. Karena wilayah itu memang letaknya di pegunungan," terangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.