HUT ke-65, Astra Gelar Festival Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas 2022 di Universitas Balikpapan

Oleh Devira Prastiwi pada 18 Sep 2022, 15:30 WIB
Diperbarui 18 Sep 2022, 15:30 WIB
Astra Internasional Gelar Seminar Bertajuk Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas
Perbesar
Astra Internasional menggelar Seminar Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas di Universitas Balikpapan, Minggu (18/9/2022). (Foto:Liputan6/Devira Prastiwi)

Liputan6.com, Jakarta - Rangkaian acara HUT ke-65 PT Astra International Tbk digelar pada hari ini, Minggu (18/9/2022) dengan menyelenggarakan Festival Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas 2022 di Universitas Balikpapan (Uniba), Kalimantan Timur (Kaltim).

Festival Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas ini merupakan agenda rutin setiap tahun yang dilakukan oleh PT Astra International Tbk. Namun, pada 2022 ini bertepatan dengan perayaan HUT ke-65.

Melalui program tersebut, Astra berharap seluruh lapisan masyarakat dapat turut serta menjadi pelopor keselamatan berkendara.

Festival tersebut mengusung tema “Collaboration for Safety & Sustainability Driving” pada tahun ini. Kegiatan ini menyuguhkan seminar Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas dan pelatihan pelopor commercial vehicle yang disaksikan oleh lebih dari 250 mahasiswa dan 250 pelanggan Grup Astra.

Sebelum menjelasakan alasan memilih melaksanakan festival itu di Universitas Balikpapan, Chief of Corporate Affairs PT Astra International Tbk Riza Deliansyah mengatakan, Balikpapan merupakan salah satu kota yang memiliki tata jalanan cukup baik.

“Di Balikpapan, dari begitu banyak alternatif kota yang ada, kita melihat bahwa Balikpapan ini salah satu tempat, kota yang kalau kita lihat kesehariannya, jalannya memang sudah ditata sedemikian baik karena memang satu yang saya bilang itu selain orang, jalanan, jalanan sudah bagus dan pemerintah daerah juga cukup komit, rambu-rambunya juga sudah cukup komit,” ujar Riza di Universitas Balikpapan, Minggu (18/9/2022).

Ketua Koordinator Grup Astra Wilayah Balikpapan Arya Fitriadi menambahkan, pemilihan Universitas Balikpapan menyelenggarakan Festival Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas 2022 karena pasti banyak mahasiswa yang pergi ke kampus dengan menggunakan sepeda motor.

“Jadi alasannya sebenarnya terkait komitmen memilih Uniba karena tadi Pak Riza ketika sambutan bahwa banyak masyarakat kita itu ngerti tentang produknya Astra. Kalau bicara kampus, tentunya banyak yang pakai motornya Astra Honda. Nah ini tentunya jadi pertimbangan kita harapannya ini bagian dari keinginan kita mengedukasi gimana cara untuk kita bisa aman untuk berlalu lintas,” kata Arya.

“Dan di bulan ini, kebetulan acara HUT 65 Astra di mana untuk temanya itu Lalu Lintas. Dan kebetulan Balikpapan dipusatkan untuk kegiatan offlinenya, dan makanya kita sinergikan dengan kampus Uniba ini,” jelas dia.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Dukungan Penuh Uniba

Astra Internasional Gelar Seminar Bertajuk Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas
Perbesar
Astra Internasional menggelar Seminar Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas di Universitas Balikpapan, Minggu (18/9/2022). (Foto:Liputan6/Devira Prastiwi)

Sementara itu, hal senada juga diungkapkan Ketua Dewan Pembina Yayasan Perguruan Tinggi Universitas Balikpapan Rendi Susiswo Ismail. Dirinya mendukung penuh acara Festival Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas 2022.

“Saya mendukung penuh, kenapa? Karena hampir seluruh mahasiswa kita pakai motor. Dan kalau saat perkuliahan itu penuh, parkiran di belakang, disini penuh, mayoritas adalah motor,” ucap Rendi.

Selain itu, menurut Rendi, mengingat anak muda yaitu para mahasiswa kampus yang mungkin saat berkendara motor ugal-ugalan, maka sangatlah penting mengingatkan bagaimana cara aman berlalu lintas.

“Karenanya ini kan mahasiswa, ya tau lah anak-anak muda biasanya cara berkendaraannya gimana dan lain sebagainya, perlu untuk kita ingatkan terus menerus. Salah satu diantaranya dengan kegiatan seperti ini,” terang Rendi.

Selain itu menurut Rendi, Universitas Balikpapan juga merupakan salah satu kawasan tertib berlalu lintas.

“Kita dari sisi penegakan aturan, kampus ini juga dipilih oleh Polda Kaltim sebagai perwujudan kerjasama kita dengan Mabes Polri, menjdikan kawasan ini sebagai kawasan tertib berkendaraan dan berlalu lintas. Uniba juga komitmen kegiatan kerjasama dengan Astra juga akan melanjutkan dengn sosialisasi-sosialisasi seperti ini di lingkungan kampus,” jelas Rendi.

Turut hadir dalam acara tersebut Rektor Universitas Balikpapan M. Isradi Zainal, Ketua Dewan Pembina Yayasan Perguruan Tinggi Universitas Balikpapan Rendi Susiswo Ismail, dan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Pemerintah Kota Balikpapan Elvin Junaidi.

Lalu Kasi BPKB Subditregiden Ditlantas Polda Kaltim Kompol Donny Dwija Romansyah, Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah serta Ketua Koordinator Grup Astra Wilayah Balikpapan Arya Fitriadi.


Festival Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas Sebagai Rangkaian HUT Ke-65 Astra

Astra Internasional Gelar Seminar Bertajuk Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas
Perbesar
Astra Internasional menggelar Seminar Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas di Universitas Balikpapan, Minggu (18/9/2022). (Foto:Liputan6/Devira Prastiwi)

Sebagai rangkaian hari ulang tahun (HUT) ke-65 Astra yang telah dilaksanakan sejak bulan Februari lalu, Astra kembali melanjutkan rangkaian HUT bernuansa wilayah Kalimantan seiring dengan momentum Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-67.

Sejalan dengan momentum tersebut, Festival Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas 2022 menjadi pembuka rangkaian HUT ke-65 Astra Wilayah Kalimantan.

Rangkaian Festival Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas 2022 telah dilaksanakan sejak 2 September 2022, dimulai dari peresmian Safety Riding Lab ke-5 di Indonesia bersama Astra Motor dan Yayasan Astra Honda Motor yang berlokasi di SMAN Bali Mandara Buleleng Provinsi Bali, melengkapi keempat Safety Riding Lab lainnya di Binjai, Bekasi, Banten dan Malang.

Program ini juga memberikan pelatihan kepada duta pelopor keselamatan berkendara di wilayah Kalimantan dengan melibatkan lebih dari 650 pelopor, serta 65 kegiatan rangkaian Bulan Keselamatan Berkendara Nasional yang diikuti lebih dari 6.500 masyarakat sepanjang tahun.

Melalui Festival Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas, Grup Astra senantiasa berusaha meningkatkan jumlah pelopor keselamatan dan menargetkan penambahan 500 pelopor keselamatan baru pada tahun ini.

Pelopor keselamatan merupakan tanggung jawab bersama, sehingga diperlukan kolaborasi dengan seluruh masyarakat agar mereka dapat berperan dalam mempercepat peningkatan kesadaran pentingnya keselamatan berkendara.

Infografis 8 Cara Cegah Bayi Baru Lahir Tertular Covid-19
Perbesar
Infografis 8 Cara Cegah Bayi Baru Lahir Tertular Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya