Sukses

Soal Koalisi dan Capres, Megawati: Bukan Sombong, PDIP Bisa Sendiri

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengatakan secara faktual, partainya bisa mengajukan calon presiden-calon wakil presiden sendiri tanpa harus bekerja sama dengan partai politik lain.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengatakan secara faktual, partainya bisa mengajukan calon presiden-calon wakil presiden sendiri tanpa harus bekerja sama dengan partai politik lain.

Hal itu disampaikan Megawati saat ditanyai wartawan mengenai kerja sama politik yang dijajaki PDIP jelang pemilu 2024. Megawati mengatakan dia tahu semua pihak menantikan soal capres-cawapres yang akan diusung partainya.

“Dan saya memang mengatakan, bukan karena sombong, tapi karena faktualnya PDI Perjuangan kan bisa pegang sendiri, jadi itupun menjadi sebuah bagian dari hitungan ya,” kata Megawati dalam keterangannya, Sabtu (17/9/2022).

Meski demikian, PDIP tetap akan bekerjasama politik dengan parpol lain nanti di saat yang tepat dan saat persiapan sudah matang. Megawati meminta semua pihak bersabar.

“Politik ya jadi tidak bisa mengatakan namanya black and white atau hitam putih. Jadi seharusnya ya sabar saja lah dulu. Ini kan sedang pematangan dalam rangka untuk pelaksanaan. Jadi kalau belum apa apa begitu sudah…ya monggo. Ini kan PDI Perjuangan. Kalau partai lain ingin gabung kesana, silakan saja,” kata dia.

Menurut Megawati, dirinya juga tahu bahwa ada hal yang bisa disampaikan ke publik secara terbuka, dan ada yang tidak. Dan PDIP memang berkonsentrasi memperkuat soliditas internal.

“Itu yang sangat dinantikan oleh banyak orang, tetapi kan saya tidak bisa. Saya itu mungkin kalian sudah hafal, saya sebagai ketua umum, mungkin begitu lama saya sudah menjadi ketua umum yang selalu terpilih dan terpilih lagi, jadi buat saya ada yang memang seharusnya dikonsumsikan ke masyarakat tapi juga ada yang bagi kami itu kami belum sampaikan,” urai Megawati.

“Karena sampai hari ini kami masih melakukan hal-hal yang sifatnya internal. Tapi kan juga tadi sudah saya katakan eksternalnya adalah mengenai masalah dengan KPU,” tambah Megawati.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Megawati Ungkap PDIP Akan Gelar Rakernas Akhir 2022, Bahas Apa?

Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengungkapkan, partainya akan menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) pada akhir tahun 2022.

PDIP menggelar Rakernas lagi di akhir tahun karena kewajiban. Rakernas pada pertengahan 2022 lalu merupakan Rakernas 2021 yang tertunda akibat Covid-19. Sehingga PDIP harus menggelar Rakernas 2022 di akhir tahun ini.

"Jadi kemarin ini sudah saya putuskan bahwa karena kondisi pandemi sudah agak lumayan, tapi mungkin juga dilaksanakan hybrid, nanti belum diputuskan, jadi nanti kita gabung antara yang mustinya di tahun 2022, ini besok di akhir tahun 2022 ini, nah begitu," kata Megawati di Seoul, Jumat (16/9/2022).

Megawati mengatakan, Rakernas nanti akan banyak agenda yang dibahas secara tertutup. Maka itu, Presiden ke-5 RI ini belum mau bicara apa yang akan dibahas pada rapat nasional tersebut.

Dia menegaskan, Rakernas PDIP pada akhir tahun nanti bersifat internal dan bukan untuk konsumsi publik. Namun begitu, ia mengakui bahwa materi yang bakal dibahas internal belum sepenuhnya diputuskan.

"Saya sebagai ketua umum, yang akan memutuskan bahwa oke yang paling penting rapat ini. Dan rapat itu. Kalau ini nanti lihat perkembangan selanjutnya di luar bagaimana. Demikian. Jadi kalau ditanya sekarang (mau bahas apa di rakernas -red), nanti deh, sabar ya," ucap Megawati.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati Soekarnoputri

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati

  • PDIP