Kemendagri Sebut Usulan 3 Calon Pj Gubernur DKI Kemungkinan Sama dengan DPRD

Oleh Liputan6.com pada 17 Sep 2022, 09:24 WIB
Diperbarui 17 Sep 2022, 09:24 WIB
DPRD DKI Jakarta Resmi Berhentikan Anies Baswedan
Perbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (kiri) berbincang saat mengikuti sidang paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (13/9/2022) (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Benny Irwan, mengatakan, ada kemungkinan tiga nama usulan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta dari Kemendagri sama dengan nama-nama yang diusulkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta. Hal tersebut dapat terjadi karena ketiga orang itu sudah mewakili tiga lembaga.

DPRD DKI Jakarta sebelumnya mengumumkan tiga nama calon Pj Gubernur pengganti Anies Baswedan yang akan diusulkan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Selasa, (13/9/2022). Ketiga nama calon Pj Gubernur DKI Jakarta itu adalah Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekda DKI Marullah Matali, dan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar.

“Bisa saja ada kemungkinan-kemungkinan, bisa saja nanti sama. Karena yang Bahtiar orang Kemendagri. Yang Sekda, sudah dari pemerintah daerah. Heru juga dari kementrian dan lembaga. Kalau tidak ada yang lain ya tiga itu saja diproses lebih lanjut,” kata Benny kepada wartawan, Jumat (16/9).

Menurut Benny, keterwakilan setiap lembaga menjadi penting karena usulan nama dari Kemendagri dihimpun dari masukan dan saran kementerian dan lembaga serta Kemendagri sendiri.

“Kemendagri itu akan menyampaikan usulan berdasarkan masukan dan saran dari, satu, kementrian dan lembaga. Dua, Kemendagri sendiri. Karena usulan juga bisa disampaikan DPRD dan Kemendagri yang berasal dari Kemendagri sendiri atau masukan kementrian dan lembaga,” jelas Benny.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Menunggu Masukan

Meskipun demikian, Benny belum mendapatkan informasi ketiga nama yang akan diusulkan oleh Kemendagri.

“Nah hingga saat ini di Kemendagri saya belum dapat informasi siapa yang pasti (diusulkan) karena 16 (Oktober) kan sebulan lagi. Dari internal belum ada diskusi tentang itu, internal Kemendagri sambil menunggu masukan dari kementrian dan lembaga,” kata Benny.

Sumber: Lydia Fransisca/Merdeka.com

Infografis Ragam Tanggapan Jelang Akhir Jabatan Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Ragam Tanggapan Jelang Akhir Jabatan Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya