Top 3 News: Deretan Fakta Pemuda Madiun Diamankan Polisi Terkait Kasus Hacker Bjorka

Oleh Devira PrastiwiPramita TristiawatiLiputan6.com pada 17 Sep 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 17 Sep 2022, 08:00 WIB
Banner Infografis Buntut Aksi Hacker Bjorka & Prioritas RUU Perlindungan Data Pribadi. (Foto: Tangkapan Layar Akun Twitter @bjorkanism, Kolase: Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
(Foto: Tangkapan Layar Akun Twitter @bjorkanism, Kolase: Liputan6.com/Trieyasni)

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait aparat kepolisian mengamankan seorang pemuda di Madiun, Jawa Timur berkaitan dengan kasus peretas atau hacker Bjorka yang membocorkan sejumlah data penting milik negara.

Penangkapan pemuda Madiun yang belakangan diketahui berinisial MAH itu dilakukan Tim Khusus (Timsus) bentukan Menteri Kordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan atau Menkopolhukam Mahfud Md.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, saat ini timsus yang dibentuk oleh Menkopolhukam yang terdiri dari Menko Polhukam, Polri, BIN, Kemenkominfo, dan BSSN sedang bekerja.

Kemudian, aksi perampokan terjadi pada Jumat 16 September 2022 di toko mas Sinar Emas, di dalam kawasan ITC BSD Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Menurut Kapolsek Serpong Kompol Evarmon Lubis, perampokan terjadi pada siang bolong, memanfaatkan sepinya pengunjung pada saat sholat Jumat sekitar pukul 12.15 WIB.

Evarmon menerangkan, pegawai toko emas tersebut masih shock pascaperampokan. Ada yang menangis sampai masih terbata-bata saat dimintai keterangan oleh polisi.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait pandangan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) soal kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J alias Nofriansyah Yoshua Hutabarat di rumah dinas mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo.

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik memiliki pandangan bahwa kasus kejahatan Ferdy Sambo bisa dinilai sebagai kejahatan terbesar sepanjang masa yang dilakukan pejabat tinggi Polri.

Pasalnya, Taufan menyebut keterlibatan tujuh tersangka obstruction of justice, lalu puluhan personel yang terjerat dengan pelanggaran etik sampai hampir satu kompi personel kepolisian diperiksa, telah menjadi catatan kasus kejahatan terbesar petinggi Polri sepanjang sejarah.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Jumat 16 September 2022:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


1. Empat Fakta Polisi Amankan Pemuda di Madiun Terkait Kasus Hacker Bjorka

Aksi Peretasan Hacker Bjorka Serang Indonesia, Apa Motifnya?
Perbesar
(Copyright foto:Pexels.com/Pixabay)

Seorang pemuda di Madiun, Jawa Timur diamankan aparat kepolisian terkait kasus peretas atau hacker Bjorka.

Penangkapan itu dilakukan Tim Khusus (Timsus) bentukan Menteri Kordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan atau Menkopolhukam Mahfud Md.

Hal tersebut juga sudah dibenarkan Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, Kamis 15 September 2022.

"Ya saat ini timsus yang dibentuk oleh Pak Menko Polhukam terdiri dari Menko Polhukam, kemudian dari Polri, kemudian dari BIN, kemudian dari Kemenkominfo, kemudian dari BSSN, sedang bekerja," tutur Dedi kepada wartawan, Kamis 15 September 2022.

"Tentunya apa yang dilakukan nantinya akan disampaikan oleh timsus, yang di Madiun sedang didalami terkait masalah yang tersebut. Semua tim masih berkerja timsus ini," sambung dia.

 

Selengkapnya...


2. Perampok Gasak Toko Emas di Mal Kawasan Serpong Tangerang Selatan

Perampokan toko emas di ITC BSD Tangerang Selatan, Jumat (16/9/2022)
Perbesar
Perampokan toko emas di ITC BSD Tangerang Selatan, Jumat (16/9/2022) (istimewa)

Perampokan terjadi di toko mas Sinar Emas, di dalam kawasan ITC BSD Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Jumat 16 September 2022. Perampokan terjadi pada siang bolong, memanfaatkan sepinya pengunjung pada saat sholat Jumat.

"Iya benar, itu di dalam malnya, untuk berapa kerugian materilnya masih kita data. Berapa gram emas yang diambil atau berapa rupiah kerugian masih didata," ujar Kapolsek Serpong Kompol Evarmon Lubis, Jumat 16 September 2022.

Dia menerangkan, pegawai toko emas tersebut masih shock pascaperampokan. Ada yang menangis sampai masih terbata-bata saat dimintai keterangan oleh polisi.

Evarmon mengatakan, pelaku yang diduga lebih dari 2 orang memanfaatkan sepinya pengunjung pada saat sholat Jumat, yakni sekitar pukul 12.15 WIB.

 

Selengkapnya...


3. Ketua Komnas HAM: Kasus Seperti Ferdy Sambo Belum Pernah Ada di Polri

Komnas HAM Gandeng Komnas Perempuan Periksa Istri Irjen Ferdy Sambo
Perbesar
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik menyampaikan keterangan perkembangan pemantauan dan penyelidikan atas peristiwa baku tembak yang terjadi di rumah dinas mantan Kadiv Propram Polri di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Senin (8/8/2022) (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kasus pembunuhan berencana Brigadir J alias Nofriansyah Yoshua Hutabarat di rumah dinas mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo semakin terang.

Polri telah menetapkan lima orang tersangka pembunuhan berencana yang diduga didalangi Ferdy Sambo ini. Kasus pembunuhan Brigadir J ini juga menyeret banyak perwira polisi sebagai tersangka obstruction of justice.

Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Ahmad Taufan Damanik memiliki pandangan bahwa kasus kejahatan Ferdy Sambo bisa dinilai sebagai kejahatan terbesar sepanjang masa yang dilakukan pejabat tinggi Polri

"Dengan banyak orang kan (yang terlibat), jadi belum pernah ada kejadian (kasus kejahatan yang dilakukan Ferdy Sambo) di Polri," kata Taufan saat dihubungi merdeka.com, Kamis 15 September 2022.

Pasalnya, Taufan menyebut keterlibatan tujuh tersangka obstruction of justice, lalu puluhan personel yang terjerat dengan pelanggaran etik sampai hampir satu kompi personel kepolisian diperiksa, telah menjadi catatan kasus kejahatan terbesar petinggi Polri sepanjang sejarah.

 

Selengkapnya...

Infografis Menerka Motif Hacker Bjorka dan Penanganan Badan Siber. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Menerka Motif Hacker Bjorka dan Penanganan Badan Siber. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya