Top 3 News: Pemuda di Madiun Diamankan Polisi Terkait Kasus Hacker Bjorka

Oleh Devira PrastiwiNanda Perdana PutraLiputan6.com pada 16 Sep 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 16 Sep 2022, 08:00 WIB
Aksi Peretasan Hacker Bjorka Serang Indonesia, Apa Motifnya?
Perbesar
Hacker Bjorka telah melancarkan berbagai aksi peretasan data rahasia negara yang hebohkan Indonesia. (Copyright foto:Pexels.com/Tima Miroshcichenko)

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait buntut kasus hacker Bjorka, aparat kepolisian mengamankan seorang pemuda di Madiun, Jawa Timur. Penangkapan tersebut merupakan bagian dari kerja tim khusus bentukan Menko Polhukam Mahfud Md.

Selain membenarkan kabar itu, Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyebut, pemeriksaan dan pendalaman masih dilakukan. Tim juga belum masuk pada kesimpulan pemuda tersebut adalah hacker Bjorka.

Sebelum pemuda di Madiun itu diamankan, sempat muncul nama Muhammad Said Fikriansyah yang disebut-sebut sebagai sosok di balik hacker Bjorka.

Kabar tersebut pertama kali diungkap oleh akun media sosial Instagram @volt-anonym yang mengungkap identitas Bjorka. Dalam unggahannya, akun tersebut menyebutkan sosok di balik nama Bjorka adalah Muhammad Said Fikriansyah yang berasal dari Indonesia, tepatnya Cirebon, Jawa Barat.

Rupanya, Said yang merupakan warga Gang Kebantengan Kelurahan Klayan, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon mengaku kaget atas tuduhan yang mengarah kepadanya.

Pria yang kesehariannya memiliki kesibukan sebagai video editor itu membantah secara tegas jika dia adalah hacker Bjorka yang menggemparkan satu Indonesia setelah meretas sejumlah data masyarakat Indonesia dan pejabat melalui pendaftaran Sim Card dari Kominfo.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah soal Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman merespons pernyataan anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon.

Diketahui, sebelumnya Effendi menyebut TNI seperti gerombolan ormas saat rapat dengar pendapat (RDP) bersama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Dudung menegaskan, TNI akan tetap solid meskipun ada yang menyebut hubungan KSAD dengan Panglima TNI tidak baik.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Kamis 15 September 2022:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


1. Polri Tangkap Pemuda di Madiun Terkait Hacker Bjorka

Ilustrasi Hacker Bjorka
Perbesar
Ilustrasi Hacker Bjorka. Dok: Twitter

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo membenarkan bahwa pihaknya mengamankan seorang pemuda di Madiun, Jawa Timur, terkait dengan kasus hacker Bjorka.

Penangkapan itu merupakan bagian dari kerja tim khusus bentukan Menko Polhukam Mahfud Md.

"Ya saat ini timsus yang dibentuk oleh Pak Menko Polhukam terdiri dari Menko Polhukam, kemudian dari Polri, kemudian dari BIN, kemudian dari Kemenkominfo, kemudian dari BSSN, sedang bekerja. Tentunya apa yang dilakukan nantinya akan disampaikan oleh timsus, yang di Madiun sedang didalami terkait masalah yang tersebut," tutur Dedi kepada wartawan, Kamis 15 September 2022.

"Semua tim masih berkerja timsus ini," sambungnya.

Dedi menyatakan pemeriksaan dan pendalaman masih dilakukan. Tim juga belum masuk pada kesimpulan pemuda tersebut adalah hacker Bjorka.

 

Selengkapnya...


2. Tiga Fakta Terkait Muhammad Said Fikriansyah Dituduh Sebagai Hacker Bjorka

Muhammad Said Fikriansyah Beri Klarifikasi Soal Bjorka
Perbesar
Muhammad Said Fikriansyah Beri Klarifikasi Soal Bjorka

Masyarakat Indonesia dihebohkan dengan kemunculan peretas atau hacker Bjorka yang membocorkan sejumlah dokumen serta identitas tokoh-tokoh hingga pejabat di Tanah Air.

Namun belakangan ini, muncul nama Muhammad Said Fikriansyah yang disebut-sebut sebagai sosok di balik hacker Bjorka. Hal tersebut pertama kali diungkap oleh akun media sosial Instagram @volt-anonym yang mengungkap identitas Bjorka.

Dalam unggahannya, akun tersebut menyebutkan sosok di balik nama Bjorka adalah Muhammad Said Fikriansyah yang berasal dari Indonesia, tepatnya Cirebon, Jawa Barat.

Dari hasil penelusuran yang dilakukan, melalui akun instagram @muhammadsaidfikriansyah terdapat satu unggahan foto. Dari unggahan itu, pemilik akun memberikan tanda jika foto itu berada di Cirebon, Jawa Barat.

Rupanya, Said yang merupakan warga Gang Kebantengan Kelurahan Klayan, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon mengaku kaget atas tuduhan yang mengarah kepadanya.

Pria yang kesehariannya memiliki kesibukan sebagai video editor itu membantah secara tegas jika dia adalah hacker Bjorka yang menggemparkan satu Indonesia setelah meretas sejumlah data masyarakat Indonesia dan pejabat melalui pendaftaran Sim Card dari Kominfo.

"Buat kalian semua yang menuduh saya itu Bjorka saya bukan Bjorka," kata dia menegaskan, Rabu 14 September 2022.

 

Selengkapnya...


3. Pesan Tegas KSAD untuk Effendi Simbolon: Jika Tak Tahu Jangan Asal Bicara!

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman (ANTARA/HO-Dispenad)
Perbesar
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman (ANTARA/HO-Dispenad)

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Dudung Abdurachman merespons pernyataan anggota Komisi I DPR, Effendi Simbolon yang menyebut "TNI gerombolan" saat rapat dengar pendapat (RDP) bersama Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa.

Dia menegaskan, TNI akan tetap solid meskipun ada yang menyebut hubungan KSAD dengan Panglima TNI tidak baik. Hal ini disampaikan Dudung saat ditemui wartawan di Bengkalis, Riau, Rabu 14 September 2022.

"TNI pada umumnya tetap solid, tidak ada perbedaan-perbedaan. Kalau saya dengan Pak Andika ada perselisihan sedikit itu biasa, perbedaan itu biasa. Pejabat lama dengan pejabat baru itu biasa. Siapa pun, di sini ada bupati, wakil bupati berbeda itu biasa," kata Dudung Abdurachman.

Ia mengatakan, Effendi Simbolon punya hak konstitusional sebagai anggota DPR. Namun dia juga menegaskan bahwa TNI AD punya kehormatan dan harga diri.

 

Selengkapnya...

Infografis Menerka Motif Hacker Bjorka dan Penanganan Badan Siber. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Menerka Motif Hacker Bjorka dan Penanganan Badan Siber. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya