Sukses

Said Aqil Minta Ormas Islam Bersatu Tolak Politisasi Agama dan Politik Identitas

Ketua Umum Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) Said Aqil Siroj memimpin jalannya Mukernas LPOI, bertema "Memperkuat Persahabatan untuk Memperkokoh NKRI”.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) Said Aqil Siradj memimpin jalannya Mukernas LPOI, bertema "Memperkuat Persahabatan untuk Memperkokoh NKRI”.

Melalui pidatonya, Said Aqil mendesak kepada pemerintah untuk lebih proaktif dan progresif untuk melakukan lobby diplomasi, penggalangan dan kampanye “Stop War”.

“Mendesakkan penggalangan misi kemanusiaan untuk menyelamatkan korban perang dan wujudkan Peacefull Civilization, dan Menggerakkan kekuatan bangsa-bangsa untuk menjadi ekosistem penyangga perdamaian dunia,” kata Kiai Said dalam pidato pembukanya di Hotel Santika Jakarta, seperti dikutip dari keterangan pers diterima, Kamis (15/9/2022).

Selain soal mendorong lahirnya perdamaian, Said Aqil juga meminta kepada umat untuk waspada terhadap ancaman politisasi agama dan politik identitas. Caranya, dengan membangun kesiapsiagaan nasional, deteksi dini dan mewaspadai gerakan dan atau organisasi yang melakukan perekrutan dan penggalangan suara yang membawa-bawa nama agama demi tujuan politik.

“Demikian halnya dengan Menindak secara tegas berbagai bentuk dan upaya politisasi agama,” minta Kiai Said.

Terakhir, Saiq Aqil mengamini bila virus Radikalisme, Terorisme dan Intoleransi, masih terus berusaha menjebol rasa kesatuan dan persatuan juga kemanusiaan sebagai anak bangsa. Namun, dengan membangun sistem kewaspadaan nasional, sistem deteksi dini, pengawasan berbasis Indeks Potensi Radikal secara kolaboratif berbasis multi pihak, maka ia yakin virus tersebut sulit menembus jantung NKRI.

“Mencegah, membangun imunitas ideologi dan edukasi wawasan kebangsaan, menindak segala bentuk rencana dan aksi penggalangan dana, rekrutmen, Ideologisasi, organisasi radikal, intoleran dan organisasi teroris,” minta dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minta Presiden Terbitkan Inpres

Said Aqil berharap, pemerintah juga bisa tegas dengan dapat membubarkan organisasi dan melarang ideologi yang bertentangan dengan Pancasila Serta segera menerbitkan INPRES (Instruksi Presiden) tentang Gerakan Nasional Pencegahan Radikalisme dan Intoleransi.

“Kita siapkan Generasi Pancasilais yang dapat menjadi ujung tombak untuk menegakkan dan mengokohkan Konsensus Nasional Indonesia berdasarkan Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan Undang Undang dasar 1945,” dia menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.