Sukses

Alasan Pecandu Narkoba di Bogor Tanam 21 Batang Ganja: Lebih Hemat

RAP (24) pria asal Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sengaja menanam ganja di rumahnya. Ganja itu dia tanam di pot untuk konsumsi sendiri agar lebih ekonomis.

Liputan6.com, Bogor - RAP (24) pria asal Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sengaja menanam ganja di rumahnya. Ganja itu dia tanam di pot untuk konsumsi sendiri agar lebih ekonomis.

Namun, belum sempat menikmati hasil panen, pohon ganja yang ditanam menggunakan media pot itu keburu terendus polisi.

Dari hasil penggerebekan, Satnarkoba Polres Bogor menemukan puluhan tanaman ganja, terdiri empat batang ukuran sedang dan 17 pot ukuran kecil.

Selain itu, polisi juga menemukan barang bukti lainnya yakni biji ganja dan satu paket ganja kering siap hisap dalam sebuah plastik kecil.

"Total sebanyak 21 tanaman ganja berbagai ukuran, yang berhasil kami amankan," ujar Kasat Narkoba Polres Bogor AKP Muhammad Ilham, Kamis (15/9/2022).

Ilham mengungkapkan tersangka menanam ganja untuk dikonsumsi sendiri. Dengan menanam sendiri di dalam pot, diharapkan bisa menghemat biaya.

"Karena dia pemakai ganja juga sejak lama. Jadi biar hemat, dia nanam sendiri di rumah," kata Ilham.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beli di Medsos

Berdasarkan pengakuan RAP, bibit ganja tersebut dibeli di media sosial. Penanaman ganja dilakukan sendiri di sebuah pot kecil lalu disimpan di atas balkon rumahnya.

"Pengakuannya baru kali ini menanam dan belum pernah panen. Niatnya cuma coba-coba," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Pasal

Saat ini, pihaknya tengah menyelediki pengedar sekaligus penjual biji ganja di media sosial tersebut.

Atas perbuatannya tersangka akan dijerat pasal 114 ayat 2 dan 111 ayat 2 undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.