JakPro Klaim Telah Tindak Lanjuti Rekomendasi PSSI Soal Infrastruktur JIS

Oleh Winda Nelfira pada 14 Sep 2022, 16:18 WIB
Diperbarui 14 Sep 2022, 16:18 WIB
Stadion JIS.
Perbesar
Jakarta International Stadium. (Dok. Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) mengklaim telah menindaklanjuti berbagai masukan maupun rekomendasi mengenai infrastruktur Jakarta International Stadium (JIS) dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Salah satunya melalui berbagai simulasi yang dilakukan di JIS.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Proyek JIS Arry Wibowo menjelaskan salah satu bentuk simulasi yang dilakukan JakPro ialah pada akses dan drop off pemain di JIS. di mana JakPro menyiapkan dua opsi.

Arry menyatakan untuk lantai dua, bus sedang dan kecil dapat digunakan, baik milik tim home maupun away. Sementara itu, untuk bus besar, JakPro menyiapkan area yang terhubung langsung dengan ramp dan lantai dua tempat ganti pemain. Menurut Arry, aksesnya pun mudah dan jaraknya tidak jauh dan bisa digunakan tim home maupun away.

“Kami siapkan skema ada dua opsi. Jadi akan mempermudah pemain masuk ruang ganti dan areanya pun akan steril dari penonton atau supporter,” kata Arry dalam keterangannya, Rabu (14/9/2022).

Kendati demikian, Arry mengatakan pembangunan JIS memiliki banyak tantangan mulai dari perencanaan, hingga pelaksanaan konstruksinya. Terutama, kata Arry dengan adanya Pandemi Covid-19.

VP Corporate Secretary Jakpro, Syachrial Syarif menambahkan bahwa saat ini JIS sudah siap menyelenggarakan pertandingan nasional maupun internasional.

"Fokus kami adalah menyediakan fasilitas JIS, guna menghadirkan kenyamanan bagi tim pemain maupun penonton,” ujar Syachrial.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


JIS Belum Layak Digunakan

Latihan Timnas Indonesia U-20 untuk Persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023
Perbesar
Pelatih kepala Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong (kanan) berbincang dengan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat latihan persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang berlangsung di Lapangan A Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (30/08/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Sebelumnya, PSSI melakukan uji kelayakan Jakarta International Stadium atau JIS jelang laga antara timnas Indonesia dan Curacao dalam FIFA matchday. Hasilnya, PSSI menyebut JIS belum layak digunakan untuk menggelar FIFA matchday.

Dengan demikian, Laga pertama pada 24 September 2022 bakal dilangsungkan di Gelora Bandung Lautan Api. JIS awalnya direncakan jadi tempat berlaga kedua Timnas Indonesia vs Curacao pada 27 September 2022.

Berdasarkan hasil inspeksi tim Infrastructure Safety and Security PSSI, sejumlah infrastruktur JIS dianggap belum memenuhi kelayakan 100 persen infrastruktur.

Diantaranya yakni di area drop off tim fan sirkulasi aktivitas terkait pertandingan di outer perimeter menumpuk di barat utara. Bahkan concourse timur, dinyatakan belum dapat digunakan.

Infografis Kisruh PSSI dan Pelatih Timnas Shin Tae-yong. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Kisruh PSSI dan Pelatih Timnas Shin Tae-yong. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya