Sukses

Mahfud Md Sebut Hacker Bjorka Tak Punya Keahlian Bobol Data Negara

Menko Polhukam Mahfud Md menyebut hacker Bjorka tak memiliki keahlian menjadi peretas atau membobol data negara.

Liputan6.com, Jakarta Menko Polhukam Mahfud Md menyebut hacker Bjorka tak memiliki keahlian menjadi peretas atau membobol data negara. Menurut dia, sejauh ini data negara aman dari segala macam gangguan.

Mahfud Md menyatakan demikian, usai berkoordinasi dengan Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Budi Gunawan, Kemenkominfo, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

"Kalau dari hasil kesimpulan (rapat) tadi, Bjorka ini tidak punya keahlian membobol, hanya memberitahu kepada kita bahwa kita harus hati-hati, kita bisa dibobol dan sebagainya, tapi smpai saat ini tidak," ujar Mahfud dalam jumpa pers di Kemenkopolhukam, Jakarta, Rabu (14/9/2022).

Mahfud memastikan, data-data yang sifatnya rahasia masih aman. Meski demikian, menurut Mahfud, tindakan yang Bjorka ini akan dijadikan pembelajaran bagi pemerintah untuk memperkuat sistem keamanan siber.

"Data-data yang sifatnya rahasia sampai saat ini belum ada, tapi kita akan menjadikan ini sebagai peluang agar kita bersama-sama hati-hati," kata Mahfud.

Atas dasar ini, Mahfud menyebut pemerintah membuat tim khusus mengamankan data-data rahasia negara dan masyarakat.

"Kita membuat satgas untuk lebih hati-hati karena dua hal. Pertama peristiwa ini mengingatkan kita agar kita membangun sistem lebih canggih, yang kedua dalam sebulan ke depan memang ada UU Perlindungan Data Pribadi (PDP) yang sudah disahkan DPR, tinggal pengesahan di paripurna, itu memang juga memuat arahan agar ada satu tim yang bekerja untuk keamanan siber," kata dia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Identitas Telah Dikantongi

Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan, Polri dan BIN telah mengantongi identitas hacker Bjorka.

"Kita terus memyelidiki karena gambaran-gambaran pelaku sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri," ujar Mahfud Md dalam konferensi pers di Kemenkopolhukam, Jakarta, Rabu (14/9/2022).

Namun, dia mengatakan, identitas hacker Bjorka tidak bisa diungkap ke publik. 

Menurut dia, identitas akun yang mengaku sebagai peretas itu terlacak melalui alat yang dimiliki oleh pemerintah.

"Memang belum bisa diumumkan gambaran-gambaran siapa dan di mana. Kita sudah punya alat melacak itu semua," kata Mahfud.

3 dari 3 halaman

Tak Ada Data Rahasia yang Bocor

Aksi akun anonim @Bjorka yang mengklaim berhasil membobol data dan dokumen rahasia negara direspons Kementerian Politik Hukum dan HAM (Polhuk HAM). Kendati demikian Menko Mahfud Md menegaskan belum ada data atau rahasia negara yang bocor.

"Belum ada rahasia negara yang bocor," kata Menko Mahfud di Kemenkopolhuk HAM, Rabu (14/9/2022).

Berdasarkan hasil kajian jajaran di Kemenkopolhuk HAM, motif di balik aksi @Bjorka adalah seputar politik. Sehingga negara menyimpulkan aksi anonimus tersebut tidak terlalu membahayakan. 

"Motif seperti itu tidak terlalu membahayakan," kata dia.

Bahkan mahfud mengatakan, bahwa akun @Bjorka tidak memiliki keahlian dalam meretas data atau rahasia negara.

"kesimpulan kami Bjorka ini tidak mempunya keahlian," kata Mahfud.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.