Sukses

Top 3 News: Data Pribadi Diretas Bjorka, Menkominfo Ganti Nomor Handphone Amerika

Menurut Waketum Partai Gerindra Fadli Zon, kasus hacker Bjorka menunjukkan tidak adanya perlindungan data oleh pemerintah. Dia pun menilai Johnny G Plate tidak punya kepercayaan terhadap perlindungan data di dalam negeri.

Liputan6.com, Jakarta Serangan siber lewat peretasan data yang dilakukan hacker bjorka telah meresahkan banyak publik. Bahkan tak sedikt tokoh negeri ini yang mengaku datanya telah dibocorkan. Salah satunya dialami Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate.

Agar kejadian yang sama tak lagi terulang, Sekretaris Jenderal Partai Nasdem tersebut mulai mengganti nomor ponselnya menggunakan nomor Amerika Serikat.

Hal ini belakangan menuai sorotan sejumlah pihak. Fadli Zon, selaku anggota Komisi I DPR menyatakan, apa yang dilakukan Menkominfo tersebut dinilai kurang memiliki rasa kepercayaan terhadap perlindungan data diri di dalam negeri.

Dia pun menyoroti kinerja Kominfo dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang seharusnya bertanggungjawab kepada keamanan siber. 

Berita top 3 news kedua yang menyita perhatian pembaca Liputan6.com terkait masa tugas Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria yang akan berakhir terhitung mulai, 16 Oktober mendatang.

Dan pada Selasa, 13 September kemarin, Gubernur DKI Jakarta dan Wakilnya tersebut telah secara resmi diberhentikan lewat rapat paripurna DPRD di Gedung DPRD DKI Jakarta.

Tiga nama kandidat yang digadang akan menjadi calon kuat pengganti Anies Baswedan pun telah resmi ditetapkan dihari yang sama. 

Ketiga nama tersebut yaitu Kepala Sekretariat Kepresidenan (Kasetpres) Heru Budi Hartono, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali, serta Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar.

Aksi kejahatan yang dilakukan sepasang kekasih hingga nekat membawa brankas berisi uang ratusan juta milik selebgram Tanah Air juga banyak disorot publik. Belum lama ini, keduanya berhasil diciduk dan diketahui salah satunnya merupakan mantan ART dari korban yaitu Dara Arafah.

Dari hasil pemeriksaan kedua tersangka, mereka mengaku menggunakan uang tersebut untuk berfoya-foya dengan dibelikan motor serta handphone.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Rabu, 13 September 2022:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ternyata Menkominfo Ganti Nomor Handphone Amerika Serikat, Buntut Data Pribadinya Dibocorkan Bjorka

Data pribadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengalami peretasan oleh hacker Bjorka. Belakangan Sekretaris Jenderal Partai Nasdem mengganti nomor ponselnya menggunakan nomor Amerika Serikat.

Hal ini pun mendapatkan respons negatif dari Anggota Komisi I DPR Fadli Zon. Kata Fadli sikap Johnny ini justru memperlihatkan bahwa menterinya saja tidak punya kepercayaan terhadap perlindungan data di dalam negeri.

"Misalnya punya Kominfo saja nomornya saya lihat, kan saya ada nomornya, ganti nomor kalau tidak salah, sekarang kalau enggak salah pakai nomor Amerika malah, +1 kan artinya tidak ada kepercayaan juga kalau kita pakai +62," ujar Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 12 September 2022.

"Ini kan kalau Kominfonya saja pakai nomor Amerika bagaimana rakyat begitu kan, kan tak ada kepercayaan terhadap nomor kita yang ada di dalam negeri gitu," tegasnya.

Menurut Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini, kasus hacker Bjorka ini menunjukkan tidak adanya perlindungan data oleh pemerintah. Seharusnya pemerintah bertanggung jawab terhadap keamanan siber.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

DPRD DKI Gelar Rapat Paripurna Pengumuman Pemberhentian Anies-Riza Patria Hari Ini, Selasa 13 September 2022

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta akan menggelar rapat paripurna pengumuman pemberhentian Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria hari ini, Selasa (13/9/2022).

Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria diketahui menjadi kepala daerah dan wakil kepala daerah yang masa jabatannya berakhir pada 2022 ini. Keduanya, bakal berakhir masa jabatan pada 16 Oktober 2022 mendatang.

Berdasarkan undangan yang diterima Liputan6.com, rapat paripurna pengumuman pemberhentian Anies Baswedan - Ahmad Riza Patria hari ini, mulai pada pukul 10.00 WIB di Ruang Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih Nomor 18 Jakarta Pusat.

Selain itu, rapat paripurna ini juga diagendakan penutupan masa sidang kedua serta pembukaan masa sidang ketiga dan masa reses pimpinan dan anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta Tahun Anggaran 2022.

Rapat paripurna ini, dijadwalkan dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, pimpinan dan anggota DPRD DKI Jakarta, Sekretaris Daerah DKI Jakarta, serta para asisten sekda DKI Jakarta.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang meyakini bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah memegang nama penjabat atau Pj gubernur yang mengisi kekosongan setelah Anies Baswedan berakhir masa jabatannya sebagai gubernur DKI Jakarta.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

Pencuri Brankas Selebgram Dara Arafah Pakai Uang Buat Beli Motor Hingga Handphone

Selebgram Dara Arafah menjadi korban pencurian, karena brankas miliknya yang ada uangnya senilai Rp 800 juta dibobol oleh maling yang ternyata dilakukan oleh asisten rumah tangga yang bekerja di kediamannya. 

Polda Metro Jaya akhirnya berhasil menangkap dua tersangka pencurian brankas milik selebgram Dara Arafah. Mereka adalah sepasang kekasih yang bekerja sebagai asisten rumah tangga (ART).

"Tersangka Musrida alias Sri dan Sarkun merupakan sepasang kekasih, jadi bukan suami istri yang berprofesi sebagai ART khususnya tersangka wanita ini ART korban," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan dalam konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin 12 September 2022.

Zulpan mengatakan jika brankas Dara Arafah diambil oleh Sri dan dikirim ke Sarkun yang berada di Cilacap. Sarkun sendiri bertugas membongkar brangkas tersebut dan mengambil uang milik Dara Arafah.

Dari hasil pemeriksaan terkuak jika tersangka Sarkun kekasih Sri malah menggunakan uang hasil kejahatan untuk berfoya-foya membeli barang elektronik salah satunya handphone, sampai membeli motor sport.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.