Sukses

Tak Bergantung Figur, Pergantian Ketum PPP Dinilai Tak Banyak Pengaruhi KIB

Menurut Arif, PPP yang dikomandoi Mardiono akan tetap di KIB, hanya nanti akan terdapat kelompok-kelompok atau faksi-faksi pro Suharso Monoarfa yang bisa jadi berbeda haluan dengan dengan Mardiono.

 

Liputan6.com, Jakarta Analis Politik dan Pendiri Indonesia Political Power Ikhwan Arif menprediksi pergantian Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Suharso Monoarfa tak akan banyak berpengaruh terhadap Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Menurutnya, konflik di tubuh PPP hanya mengarah ke pergantian ketua umum saja. Sehingga posisi PPP di KIB masih dibilang aman.

"Ini lebih kepada proses pergantian ketua umum saja, karena tidak secara bersamaan menggeser posisi Suharso Monoarfa sebagai menteri, PPP akan tetap di KIB," katanya saat dihubungi, Senin (12/9/2022).

Akan tetapi, menurutnya, akan ada faksi-faksi yang terbentuk di dalam tubuh PPP, yang bisa saja jadi batu kerikil dalam soliditas KIB.

Menurut Arif, PPP yang dikomandoi Mardiono akan tetap di KIB, hanya nanti akan terdapat kelompok-kelompok atau faksi-faksi pro Suharso Monoarfa yang bisa jadi berbeda haluan dengan dengan Mardiono.

Selain itu, Ikhwan juga berpendapat bahwa soliditas KIB tak terpengaruh pada figur calon, karena yang mereka bawa adalah gagasan.

Partai Politik yang ada di KIB masih wait and see dan belum menentukan siapa figur yang pas untuk menjadi calon presiden.

"Jadi benar KIB tidak bergantung pada kekuatan figur atau tokoh, hanya mengedepankan politik gagasan. Orientasinya saat ini belum ke arah figur atau ketokohan masih wait and see, menunggu waktu yang tepat untuk deklarasi," pungkas dia. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap di KIB

 

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi alias Awiek menuturkan, sikap PPP terhadap KIB tidak bakal berubah. PPP telah berkomunikasi dengan Golkar dan PAN bahwa tidak akan mengubah sikap soal koalisi Pemilu 2024 meski ada konflik pemberhentian ketua umum.

"Beberapa petinggi partai baik Golkar maupun PAN sudah komunikasi dengan partai kami. Jadi bahwa ini tidak ubah konstelasi perkoalisian," ujar Awiek di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 6 September 2022.

Awiek mengatakan, KIB tetap akan solid. Pemberhentian ketua umum di internal PPP tidak akan mengganggu konsolidasi yang telah dilakukan bersama KIB.

"Tetep KIB tetep solid, entah ketumnya tetep atau pergantian ketum ya PPP tetep bersama KIB," kata wakil ketua Baleg DPR RI ini.

Sementara itu, Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono juga merupakan koordinator PPP di KIB. Sehingga koalisi ini akan terus berlanjut.

"Sepanjang pengetahuan kami dengan KIB tidak ada masalah. Karena pak Mardiono kan koordinator koalisi dari PPP," kata Awiek.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.