Menteri Zulkifli Hasan Berpesan Mahasiswa Harus Punya Daya Saing Tinggi

Oleh Pramita Tristiawati pada 12 Sep 2022, 18:22 WIB
Diperbarui 12 Sep 2022, 18:22 WIB
zulhas
Perbesar
Zulkifli Hasan mendatangi pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Jakarta (PKKMB UMJ). (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Liputan6.com, Jakarta - Mendatangi pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Jakarta (PKKMB UMJ), Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, meminta ribuan mahasiswa untuk memiliki daya juang yang tangguh. Baik semasa menjadi mahasiswa ataupun ketika sudah lulus nantinya.

Zulkifli Hasan dalam kesempatan tersebut mengatakan, mahasiswa baru agar selalu berjuang untuk meraih keberhasilan dengan ketangguhan dan kekuatan jiwa. 

"Hidup itu pilihan, tergantung daya juang dan usaha masing-masing. Oleh karena itu kita harus mempersiapkan dengan baik, kita harus bersungguh-sungguh untuk bisa ikut berkompetisi dalam lingkup lokal maupun internasional," ungkap Zulkifli, Senin (12/9/2022).

Rangkaian PKKMB UMJ 2022, secara resmi dibuka oleh Rektor UMJ Ma'mun Murod dan Zulkifli Hasan dengan menekan tombol sirine bersamaan. Pada saat yang sama, pemanjat tebing dari Mapala Stacia UMJ juga membentangkan banner PKKMB UMJ 2022 dari atas wall climbing ketinggian 18 meter. 

Pada kesempatan tersebut juga, Rektor UMJ, Ma’mun Murod menjelaskan makna tema PKKMB UMJ 2022, Journey to The Future yang menunjukkan bahwa UMJ turut menjadi bagian perjalanan mahasiswa baru menuju kesuksesan. 

"Kami berharap, adik-adik mahasiswa dapat menjadi mahasiswa yang istimewa, bukan yang biasa-biasa saja. Artinya, IPK baik dan taat beribadah, serta aktif di kampus, “ kata Ma'mun.

Pembukaan Rangkaian PKKMB UMJ 2022 ditutup dengan peragaan Salam Pembuka Tapak Suci yang dilakukan oleh seluruh mahasiswa baru yang berjumlah kurang lebih 3500 orang untuk memecahkan rekor MURI. 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Isi Ruang Kosong Nirintegritas

Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Ma'mun Murod memnita lulusannya tetap menjalin hubungan baik dengan pihak universitas. Menurutnya, tidak ada bekas dosen atau bekas mahasiswa.

Dia menyatakan, setelah menyelesaikan studi, para lulusan akan menghadapi kehidupan dunia kerja dan bermasyarakat. Dia minta kepada lulusan UMJ untuk tidak hanya bangga nilai atau IPK yang tinggi, namun, juga harus memiliki kecerdasan spiritual dan emosi.

Ma'mun menegaskan, Indonesia butuh manusia-manusia yang berintegritas, manusia yang berani mengatakan yang haq itu haq dan yang bathil itu bathil. Manusia yang mencoba hidup dengan prinsip satunya kata dan perbuatan.

"Saya berharap sekali adik-adik wisudawan, selepas nanti hidup di masyarakat, berada di ruang kerja, bersedia mengisi banyak ruang-ruang kosong yang nir-integritas. Isilah ruang-ruang kosong tersebut dengan kejujuran, keadilan baik kepada diri sendiri maupun kepada orang lain," ujarnya saat acara wisuda UMJ  di ICE BSD, Selasa (29/3/2022).

Ma'mun menyampaikan agar di manapun berada, para wisudawan tetap menebarkan dakwah islam yang maju dan moderat.

Sekretaris Koordinator Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta Wilayah I DKI Jakarta (Kopertais Wilayah I DKI Jakarta) Supriyadi Ahmad menyampaikan bahwa kehadiran alumni UMJ ditunggu oleh masyarakat demi kemajuan bangsa, negara dan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya