Sukses

DPR Rayakan Ultah Puan Saat Demo BBM Naik, PDIP: Tidak Ada Kode Etik yang Dilanggar

Menurut PDIP, Puan Maharani juga tidak melanggar integritas apapun.

Liputan6.com, Jakarta - Aktivis 98, Joko Priyoski akan melaporkan Ketua DPR RI Puan Maharani ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) buntut perayaan ulang tahun saat paripurna DPR RI, Selasa (6/9/2022) lalu.

Wakil Ketua MKD yang juga Anggota Fraksi PDIP DPR Junimart Girsang  menegaskan, Puan tidak melanggar apapun terkait perayaan ultah saat ada pendemo di luar gedung DPR itu

“Itu tidak ada satu kode etik yang dilanggar. Kenapa demikian? Itu kan sifatnya spontanitas dan Mbak Puan juga tidak mengharapkan dengan situasi itu. Dan itu masih manusiawi,” kata Junirmart di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (12/9/2022).

“Mohon maaf saya bukan mendahului MKD, tapi saya sebagai salah satu anggota di MKD itu menyatakan tidak ada satu pasal pun dalam kode etik yang dilangar,” sambungnya.

Junimart menilai, selain tidak ada kode etik yang dilanggar Puan.  Menurutnya Puan juga tidak melanggar integritas apapun. “Kalau disebutkan melanggar kode etik itu di Pasal berapa? Integritas? tidak juga,” kata dia

“Integritas mana yang dilangar? Kan gak ada juga dan itu spontanitas,” tambahnya.

Meski demikian, Junimart mempersilakan Joko apabila ingin lansung melaporkan Puan ke MKD.

“Ya silahkan saja, toh kalau melapor nanti kita akan verfikasi di MKD, kapasitas pelapor sebagai apa, dan nilai-nilai apa sebagai yang dia sebut sebagai keberatan dengan situasi itu,” kata dia.

Wakil Ketua Komisi II itu menyebut alasan Puan tidak menemui massa demo BBM lantaran ia sedang memimpin rapat paripurna. “Kenapa tidak menemui pada pendemo di luar, kan begitu. Ya kan ada mata acara sidang paripurna. Bagaimana pula kita lagi paripurna bisa menemui yang sedang demo di luar,” kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ultah di Tengah Demo Buruh

Demo BBM naik digelar sejumlah massa buruh dan mahasiswa pada Selasa 6 September 2022 di depan Gedung DPR-MPR RI, Senayan, Jakarta.

Namun hingga para peserta demo BBM naik membubarkan diri, baik Ketua DPR RI Puan Maharani atau pun pimpinan DPR lainnya tidak ada yang menemui mereka.

Rupanya, ruang rapat paripurna DPR RI ramai perayaan ulang tahun Ketua DPR RI Puan Maharani. Para anggota DPR RI yang hadir dalam rapat paripurna riuh menyanyikan lagu 'Selamat Ulang Tahun' milik Band Jamrud.

Saat itu, DPR menggelar rapat paripurna dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-77 DPR RI dan penyampaian laporan kinerja DPR RI tahun sidang 2021-2022 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 6 September 2022.

Kemudian, ketika agenda pertama rapat paripurna ditutup, lagu selamat ulang tahun diputar ruang sidang. Mayoritas anggota DPR bertepuk tangan dan berjoget.

"Kami, seluruh peserta sidang dan undangan mengucapkan selamat ulang tahun untuk Ketua DPR RI Ibu Puan Maharani. Semoga panjang umur, sehat dan sukses selalu serta dalam lindungan Allah. Mari kita nyanyikan bersama lagu ulang tahun untuk Ketua DPR RI," kata pembawa acara rapat paripurna, Selasa 6 September 2022.

Sementara itu, Puan terlihat ikut berdiri dan bertepuk tangan. Wajahnya terlihat bahagia. Dia tersenyum semringah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.