Sukses

Jokowi Panggil Yusril ke Istana, Bahas soal Pembangunan Ibu Kota Negara

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memanggil Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra ke Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (12/9/2022). Yusril mengatakan pertemuan tersebut membahas soal IKN dari sisi hukum

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memanggil Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra ke Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (12/9/2022). Yusril mengatakan pertemuan tersebut membahas soal pembangunan ibu kota negara (IKN) dari sisi hukum.

"Hanya sedikit saja bicara tentang masalah IKN, ya jadi apa yang kita bisa bantu beliau, masalah apa namanya percepatan IKN ini supaya bisa jalan," kata Yusril kepada wartawan usai pertemuan, Senin.

Yusril menyampaikan dirinya juga membahas hal yang sama dengan Presiden Jokowi pada enam bulan lalu. Khususnya, tentang legalitas keterlibatan pihak swasta di pembangunan IKN.

"Pada waktu itu juga masalah IKN, tentang keterlibatan dari pihak swasta yang berkeinginan untuk mendevelop commercial area daripada IKN," ujarnya.

Dia enggan menjawab saat ditanya apakah ditunjuk sebagai salah satu konsultan untuk legalitas IKN. Yusril menuturkan siap membantu apabila dibutuhkan untuk analisis dan pertimbangan hukum terkait IKN.

"Itu nanti detail-detailnta akan dibahas dengan ketua IKN. Tapi memang Pak Presiden membicarakan masalah legal aspectnya, kan semua peraturan UU sudah tersusun ya baik UU maupun PP," jelas dia.

"Kalau ada hal-hal lebih detail-detail yang memerlukan analisis atau pertimbangan hukum atau pun drafting mungkin saya bisa membantu," sambung Yusril.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suharso Temui Jokowi, Bahas soal IKN

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (12/9/2022). Dia mengaku membahas soal banyak hal dengan Presiden Jokowi.

"Soal banyak hal," kata Suharso kepada wartawan usai bertemu Jokowi, Senin (12/9/2022).

Menurut dia, pertemuan dengan Jokowi membahas soal pembangunan ibu kota negara (IKN). Selain itu, Suharso tak memungkiri pertemuan juga membahas soal masalah di kepengurusan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Saya tadi banyak bicara soal (masalah kepengurusan PPP) itu dan soal IKN ya," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.