5 Fakta Farel Prayoga Terkonfirmasi Positif Covid-19 Varian Omicron

Oleh Devira Prastiwi pada 12 Sep 2022, 10:00 WIB
Diperbarui 12 Sep 2022, 14:48 WIB
Farel Prayoga. (Foto: Dok. YouTube Aneka Safari Records)
Perbesar
Farel Prayoga. (Foto: Dok. YouTube Aneka Safari Records)

Liputan6.com, Jakarta - Farel Prayoga, penyanyi cilik fenomenal asal Banyuwangi, Jawa Timur terpapar Covid-19 varian Omicron. Oleh karena itu, Farel pun terpaksa membatalkan sejumlah jadwal manggung di berbagai kota, salah satunya di Denpasar, Bali pada 7 September 2022 lalu.

Kondisi Farel Prayoga yang harus isolasi mandiri (isoman), membuatnya tak bisa menghadiri agenda tersebut. Farel Prayoga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat di Denpasar yang sudah mengundangnya.

"Hallo saya Farel Prayoga mohon maaf tidak bisa hadir di Denpasar Bali hari ini 7 September 2022, karena Farel harus Isoman, tapi Farel Prayoga baik-baik saja. Terutama untuk warga Denpasar Bali sekali lagi Farel Prayoga mohon maaf," tulis Farel melalui postingan instagram @farelprayoga.co, dikutip Kamis 8 September 2022.

Farel juga menjalani isoman seperti yang disarankan Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuwangi. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi Amir Hidayat, isoman dilakukan demi kepentingan pelantun tembang "Ojo Dibandingke" itu yang masih dalam tahap pemulihan serta kesehatan masyarakat secara luas.

"Misal seseorang dinyatakan positif Omicron, maka harus langsung Isoman, kalau misal setelah lima atau enam hari imunitasnya baik maka nanti kelihatan negatif. Namun lebih baiknya menunggu sampai sepuluh hari agar benar-benar negatif," kata Amir.

Menurut Amir, meski sudah menjalani masa isoman selama sepuluh hari, Farel Prayoga juga harus menjalani tes PCR kembali di hari ke sepuluh. Hal tersebut, kata dia, untuk meyakinkan kalau Farel benar-benar sembuh dari Covid-19 varian Omicron.

Berikut sederet fakta tekait penyanyi cilik fenomenal asal Banyuwangi, Farel Prayoga terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron dihimpun Liputan6.com:

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


1. Unggah Kabar Positif Covid-19 di Sosial Media

Pernah diingatkan Jokowi tentang sekolah, Farel Prayoga pun melapor kepada Presiden RI bahwa ia tetap semangat sekolah walau harus belajar sendirian. (Foto: Instagram/@zidniyazidni)
Perbesar
Pernah diingatkan Jokowi tentang sekolah, Farel Prayoga pun melapor kepada Presiden RI bahwa ia tetap semangat sekolah walau harus belajar sendirian. (Foto: Instagram/@zidniyazidni)

Penyanyi cilik fenomenal asal Banyuwangi, Jawa Timur, Farel Prayoga terpapar virus Covid-19 varian Omicron. Hal itu diketahui dari unggahan akun sosial media (sosmed) Instagram @farelprayoga.co.

Pelantun tembang Ojo Dibandingke ciptaan Abah Lala tersebut juga mengunggah foto hasil swab yang menyatakan dirinya positif Covid-19 varian Omicron.

Selanjutnya kondisi terkini Farel Prayoga diungkap oleh Kepala Sekolah SDN 2 Kepundungan, Ambarwati, dia menyebut Farel Prayoga mengalami gejala batuk dan pilek sejak kemarin malam.

"Betul, batuk pilek mulai tadi malam," ungkap Ambarwati, Kamis 8 September 2022.

 


2. Diduga Karena Kelelahan

Masih tetap menggunakan seragam sekolah, Farel Prayoga, berpose dengan latar belakang pesawat. Wajahnya terlihat bahagia dan siap menyapa penggemar. (Foto: Instagram/@sandiuno)
Perbesar
Masih tetap menggunakan seragam sekolah, Farel Prayoga, berpose dengan latar belakang pesawat. Wajahnya terlihat bahagia dan siap menyapa penggemar. (Foto: Instagram/@sandiuno)

Sebelumnya, Farel Prayoga juga dikabarkan sakit yang diduga akibat kelelahan dibanjiri job manggung, kondisi tersebut juga membuat Farel tidak masuk sekolah.

Seperti diketahui, usai tampil memukau dengan lagu Ojo Dibandingke di hadapan Presiden Joko Widodo pada peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia di Istana Negara, tawaran mangung Farel Paryoga terus mengalir.

Hingga kini tawaran mangung farel terus mengalir.

 


3. Batal Manggung di Bali

Farel Prayoga. (Foto: Dok. YouTube Aneka Safari Records)
Perbesar
Farel Prayoga. (Foto: Dok. YouTube Aneka Safari Records)

Kondisi Farel Prayoga positif Covid-19 membuatnya harus membatalkan sejumlah jadwal manggung di berbagai kota, seperti jadwal di Denpasar pada 7 September 2022 lalu.

Kondisi Farel Prayoga yang harus isolasi mandiri, membuatnya tak bisa menghadiri agenda tersebut. Farel Prayoga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat di Denpasar yang sudah mengundangnya.

"Hallo saya Farel Prayoga mohon maaf tidak bisa hadir di Denpasar Bali hari ini 7 September 2022, karena Farel harus Isoman, tapi Farel Prayoga baik-baik saja. Terutama untuk warga Denpasar Bali sekali lagi Farel Prayoga mohon maaf," tulis Farel.

 


4. Dinkes Banyuwangi Sarankan Isoman

6 Potret Farel Prayoga saat Pakai Seragam Sekolah, Siswa SD Kepundungan 2 Banyuwangi
Perbesar
6 Potret Farel Prayoga saat Pakai Seragam Sekolah, Siswa SD Kepundungan 2 Banyuwangi (IG/farel_prayoga_fns_)

Meski kondisi Farel Prayoga selama menjalani isoman terlihat baik-baik saja, namun Dinas Kesehatan Banyuwangi menyarankan Farel menjalankannya minimal sampai sepuluh hari.

Tak lain, ini demi kepentingan pelantun tembang "Ojo Dibandingke" itu yang masih dalam tahap pemulihan serta kesehatan masyarakat secara luas.

"Misal seseorang dinyatakan positif omicron, maka harus langsung Isoman, kalau misal setelah lima atau enam hari imunitasnya baik maka nanti kelihatan negatif. Namun lebih baiknya menunggu sampai sepuluh hari agar benar-benar negatif," kata Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi Amir Hidayat.

 


5. Pastikan Sembuh, Farel Prayoga Harus PCR Lagi di Hari Kesepuluh

Farel Prayoga Berangkat Sekolah Naik Pesawat Jet
Perbesar
6 Momen Farel Prayoga Berangkat Sekolah Naik Jet Pribadi, Curi Perhatian (Sumber: Instagram/zidniyazidni)

Menurut Amir, meski sudah menjalani masa Isoman selama sepuluh hari, Farel Prayoga juga harus menjalani tes PCR kembali di hari ke sepuluh, hal ini untuk meyakinkan kalau Farel benar-benar sembuh dari Covid-19 varian omicron.

"Nanti kalau sudah sampai sepuluh hari, tes PCR lagi untuk memastikan kalau benar-benar sembuh," ujar Amir.

Terkait tentang jadwal manggung yang terus membanjiri, Amir menyarankan Farel untuk fokus terlebih dahulu memulihkan keadaan, jika sudah pulih kembali, Amir mempersilahkan Farel untuk kembali menghibur masyarakat.

"Lebih baik dipastikan dulu agar benar-benar sembuh, kemudian bisa lagi kembali beraktifitas," tutup Amir.

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya