Sukses

Respons Anies soal Banyak Pengendara Motor Terpeleset di Kawasan Kota Tua

Beredar video viral di akun Instagram @jakartabarat24jam yang memperlihatkan beberapa pengendara motor terjatuh di jalanan kawasan Kota Tua Jakarta, Jumat (9/9) kemarin.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar video viral di akun Instagram @jakartabarat24jam yang memperlihatkan beberapa pengendara motor terjatuh di jalanan kawasan Kota Tua Jakarta, Jumat (9/9) kemarin.

Dalam video, tersebut terlihat beberapa kali pengendara motor yang terpeleset akibat jalanan yang licin.

"Aduh, sudah empat motor, sudah sembilan motor ini sudah. Korban doang di sini, jalannya licin," kata seseorang yang mengambil video tersebut.

Menanggapi adanya kejadian tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, itu adalah kesalahan pengendara motor yang berkendara di jalur pedestrian.

"Itu pengendara motor yang melanggar. Saya sudah tegaskan kepada Dishub dan Satpol untuk lebih disiplin dalam menjaga. Karena yang gambarnya pada jatuh itu, itu motor-motor itu melanggar, memasuki kawasan pejalan kaki yang memang tidak didesain untuk motor dan memang kawasannya adalah kawasan pejalan kaki," kata Anies ketika ditemui di Kawasan Kota Tua, Sabtu (9/9).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hormati Pejalan Kaki

Anies juga meminta pengendara motor untuk menghormati kawasan pejalan kaki.

"Bagi pengendara motor, hormatilah kawasan pejalan kaki ini. Kalau di situ ada tulisan 'Ini adalah khusus bagi pejalan kaki' ya yang pakai motor cari tempat yang bukan untuk pejalan kaki karena itu membahayakan bagi pejalan kaki," kata Anies.

3 dari 3 halaman

Tanggung Jawab

Lebih lanjut, Anies meminta untuk seluruh pihak mengambil sikap tanggung jawab.

"Jadi ambil sikap tanggung jawab, di sisi lain petugas kita supaya lebih disiplin di dalam menjaga. Ini bagian dari pembelajaran sebagian belum terbiasa melihat tempat ini untuk pejalan kaki. Sebagian masih terbiasanya menggunakan naik motor."

"Jadi ini masih dalam edukasi. Jadi bukan aspalnya yang licin, tapi itu dirancang untuk pejalan kaki, bukan pengendara motor," tegas Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.