Jemaah Haji Terakhir Dirawat di RS Saudi Sudah Pulang ke Indonesia

Oleh Liputan6.com pada 10 Sep 2022, 11:45 WIB
Diperbarui 10 Sep 2022, 11:45 WIB
Petugas haji melayani jemaah Indonesia yang sakit saat safari wukuf
Perbesar
Ilustrasi jemaah haji sakit (www.kemenag.go.id)

Liputan6.com, Jakarta Satu orang jemaah haji yang dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi sudah dipulangkan. Jemaah bernama Abas Bahtiar Abdul Manan, yang diberangkatkan dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah pada Jumat, 9 September 2022, pukul 18.55 waktu Arab Saudi.

"Dengan Saudia Airlines No Penerbangan SV 816. Jemaah yang tergabung dalam kloter 3 Embarkasi Jakarta - Bekasi (JKS 03) ini mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, pukul 09.00 WIB," kata Konsul Haji KJRI Jeddah, Nasrullah Jasam, melalui pesan singkat yang dikirim dari Jeddah, Sabtu (10/9/2022).

Kepulangan jemaah ke Indonesia diantar dua petugas dari KUH KJRI Jeddah, yaitu Hasyim Bin Salim Hilaby dan Dadang Zaelani Danuuna.

"Alhamdulillah, jemaah haji atas nama Abas Bahtiar Abdul Manan sudah kami antara pulang kembali ke Tanah Air, setelah menjalani perawatan di Arab Saudi," ujarnya.

Abbas Bahtiar merupakan jemaah haji 1443 H terakhir yang pulang ke Indonesia setelah dirawat di Arab Saudi.

"Jadi sudah tidak ada lagi jemaah haji 2022 yang di Tanah Suci," sambungnya.

Nasrullah menjelaskan, Abbas Bahtiar diantar pulang ke Tanah Air setelah dinyatakan boleh dipulangkan, ditandai dengan terbitnya Medical Information Form (Medif) dari pihak berwenang di Arab Saudi.

"Abbas Bahtiar kami antar pulang ke Indonesia dalam keadaan berbaring," ujarnya.

"Kita doakan, semoga semua jemaah haji Indonesia sehat, berkumpul kembali dengan keluarganya," tambahnya.

Operasional penyelenggaraan ibadah haji 1443 H telah dinyatakan berakhir oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas pada 18 Agustus 2022. Sejak itu, masih ada delapan jemaah yang dirawat di RS Arab Saudi. Enam jemaah sudah pulang ke tanah air, dua jemaah wafat dan dimakamkan di Arab Saudi.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Ibadah Haji Sukses, Menteri Agama Berterima Kasih ke Jokowi dan Seluruh Jemaah

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas
Perbesar
Menag Yaqut mengatakan informasi mengenai visa jemaah calon haji bisa dicek dari Siskohat. Apakah menggunakan visa mujamalah, visa ummal, hingga visa ziarah. (Foto: dokumentasi MCH)

 Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menutup operasional penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/2022 M. Menurut dia, penyelenggaraan haji tahun ini berjalan lancar dan patut disyukuri.

"Dengan mengucap syukur alhamdulillah, operasional haji 1443 H saya nyatakan selesai dan semoga bangsa yang kita cintai semakin maju dan diberkati Allah. Pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat," kata pria yang akrab disapA disapa Gus Men ini dalam keterangan persnya di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Gus Men menilai, haji tahun ini terasa istimewa seiring adanya dua momentum besar, yaitu Haji Akbar dan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan ke-77 yang berjalan lancar dan sukses.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) atas arahan dan petunjuk beliau, sehingga haji bisa berjalan tuntas dan baik," ujar dia.

Selain itu, Gus Men juga menyampaikan rasa terima kasihnya untuk Ketua dan Wakil Ketua DPR RI yang selalu memberikan dukungan. Termasuk pimpinan Komisi VIII DPR, secara khusus yang saat ini menjadi Wakil Ketua MPR RI.

Dia menyebut, pendampungan luar biasa dalam memberi arahan dan solusi atas beragam kebuntuan menjadi kunci suksesnya penyelenggaraan ibadah haji. Salah satunya, saat momen keputusan mendadak dari Arab Saudi untuk menaikkan biaya Masya'ir. Menurutnya, saat itu sempat ada kebuntuan.

"Pak Yandri bersama sahabat-sahabat di Komisi VIII memberikan solusi yang sangat baik sehingga ibadah haji bisa terlaksana sesuai yang direncanakan," kenang Yaqut.

Selanjutnya, ucapan senada juga disampaikan kepada Menteri Kesehatan, Menteri Luar Negeri, Panglima TNI, Kapolri, Pihak Kerajaan Saudi, Duta Besar dan kepala daerah baik di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, hingga seluruh jemaah dan staf kementerian agama terlibat yang juga turut menyukseskan perhelatan ibadah haji tahun ini.

"Terima kasih dan kami doakan agar ibadah yang telah dilaksanakan mendapatkan haji mabrur. Aamin," dia menutup.

Reporter: Nur Habibie/Merdeka

Infografis Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji 2022 per Jemaah
Perbesar
Infografis Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji 2022 per Jemaah (Liputan6.com/Trie Yas)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya