Sukses

Infografis Ratu Inggris Elizabeth II Meninggal Dunia

Pemimpin tertinggi Kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth II meninggal dunia di Kastil Balmoral, Skotlandia, Kamis 8 September 20222 sekitar pukul 18.30. Putra sulungnya, Pangeran Charles, kemudian naik takhta. Kini, ia akan dikenal sebagai Raja Charles III.

Liputan6.com, Jakarta - Inggris dan Britania Raya berkabung. Suasana Dukacita menyelimuti keluarga Istana Buckingham. Pemimpin tertinggi Kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth II meninggal dunia di Kastil Balmoral, Skotlandia, Kamis 8 September 2022 sekitar pukul 18.30 waktu setempat atau Jumat (9/9/2022) pukul 00.30 WIB.

Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 Tahun. Sejak Kamis pagi, penguasa terlama di Kerajaaan Inggris itu dilaporkan sakit dan berada di bawah pengawasan medis di Balmoral.

Sebelum sang Ratu mangkat, seluruh keluarga Kerajaan diminta segera Menuju Balmoral. Hingga akhirnya Ratu Elizabeth II yang telah Bertakhta 70 Tahun itu mengembuskan napas terakhir.

"Sang Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini. Raja dan Ratu Permaisuri akan tetap di Balmoral malam ini dan akan kembali ke London besok," demikian pernyataan Istana Buckingham dengan akun @theroyalfamily di sejumlah media sosial atau medsos.

Bendera di Istana Buckingham diturunkan menjadi setengah tiang pada sore itu pukul 18.30. Pemilik nama lahir Elizabeth Alexandra Mary itu menjadi kepala negara Inggris Raya dan menjadi salah satu wanita paling terkenal dalam sejarah.

Ratu Elizabeth II membawahi Britania Raya dan 14 wilayah Persemakmuran lainnya. Rentang kekuasaan Ratu Elizabeth II mencakup pemerintahan 16 perdana menteri Inggris, termasuk Liz Truss yang merupakan perempuan ketiga yang menjadi PM Inggris sejak 5 September 2022.

Putra sulungnya, Pangeran Charles, kemudian naik takhta. Kini, ia akan dikenal sebagai Raja Charles III.

"Kematian ibunda tercinta, Yang Mulia Ratu, adalah momen kesedihan terbesar bagi saya dan semua anggota keluarga saya," ucap Raja Charles III dalam sebuah pernyataan setelah kematian ibunya.

Siapa saja yang menjadi PM Inggris yang bersamaan dengan rentang kekuasaaan Ratu Elizabeth II? Bagaimana urutan terbaru pewaris takhta Kerajaan Inggris setelah Raja Charles III? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Ratu Inggris Elizabeth II Meninggal Dunia

3 dari 4 halaman

Infografis Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris

4 dari 4 halaman

Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.