Sukses

Persiapan Peresmian Provinsi Papua Pegunungan, Pokja III Satgas Pengawalan DOB Tinjau Calon Kantor Sementara OPD 

Satgas Pengawalan Daerah Otonom Baru Kelompok Kerja (Pokja) III meninjau lokasi calon kantor sementara bagi jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) Provinsi Papua Pegunungan.

Liputan6.com, Wamena Dalam rangka mematangkan kesiapan peresmian Provinsi Papua Pegunungan, Satuan Tugas (Satgas) Pengawalan Daerah Otonom Baru (DOB) Kelompok Kerja (Pokja) III meninjau lokasi calon kantor sementara bagi jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) Provinsi Papua Pegunungan.  Peninjauan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan kunjungan kerja Pokja III selama di Wamena, Jayawijaya. Kunjungan itu berlangsung dari tanggal 5 hingga 10 September 2022. 

Ketua Pokja III yang merupakan Direktur Fasilitasi Dana Perimbangan dan Pinjaman Daerah (FDPPD) Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sumule Tumbo menerangkan, sebelum peninjauan itu pihaknya bersama tim melakukan rapat koordinasi (Rakor) lanjutan dengan jajaran pemerintah kabupaten (Pemkab) se-wilayah Papua Pegunungan. 

Adapun Rakor tersebut untuk mematangkan persiapan, terutama dari segi teknis peresmian Provinsi Papua Pegunungan. Selama rapat berlangsung, Pokja III melakukan identifikasi dan verifikasi lanjutan terhadap dokumen aset milik Pemkab Jayawijaya serta Provinsi Papua. Rencananya, sejumlah aset tersebut bakal dihibahkan serta dipinjampakaikan untuk Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan. 

"Kami bersyukur atas kehadiran jajaran bupati atau yang mewakili di wilayah Papua Pegunungan. Bahwa agenda ini untuk terus mendukung peresmian Provinsi Papua Pegunungan," ujar Sumule dalam keterangan persnya di Wamena, Rabu (7/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembangunan Kantor Pemerintahan

Sumule meminta jajaran Pemkab se-wilayah Papua Pegunungan agar terus bersatu dan solid dalam mempersiapkan peresmian provinsi baru. Jajaran Pemkab juga dipacu untuk memperkuat komitmen bersama agar peresmian provinsi tersebut berjalan lancar. 

Diketahui usai pelaksanaan Rakor lanjutan, Pokja III meninjau sejumlah lahan yang rencananya bakal digunakan untuk pembangunan kantor pemerintahan Provinsi Papua Pegunungan. Dalam kesempatan itu, jajaran Pokja III bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Jayawijaya dan sejumlah pejabat terkait lainnya melakukan koordinasi dengan masyarakat setempat. 

Menurut Sumule, masyarakat setempat pada dasarnya mendukung pembangunan kantor gubernur dan kantor pemerintahan secara terintegrasi. Masyarakat setempat juga menyambut baik adanya koordinasi yang dilakukan Pokja III bersama Forkopimda tersebut. 

Setelah melakukan kegiatan itu, Pokja III meninjau lokasi calon kantor sementara untuk OPD Provinsi Papua Pegunungan. Peninjauan dipimpin langsung oleh Ketua Pokja III dan disaksikan oleh Forkopimda Kabupaten Jayawijaya serta sejumlah pejabat terkait lainnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.