Sukses

Golkar Belum Putuskan Sikap Soal PPHN, Ketua Fraksi: Kita Kumpulkan Semua Masukan

Ketua Fraksi Partai Golkar MPR RI Idris Laena menyatakan, pihaknya masih menampung masukan untuk menentukan sikap Fraksi terhadap Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN).

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Fraksi Partai Golkar MPR RI Idris Laena menyatakan, pihaknya masih menampung masukan untuk menentukan sikap Fraksi terhadap Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN).

“Banyak masukan kami terima dan akan menentukan bagaimana pandangan fraksi partai golkar terhadap pokok-pokok haluan negara yang insya allah akan diputuskan nanti,” kata Idris di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (8/9/2022).

Masukan yang diterima fraksi menurut Idris tidak hanya berasal dari anggota DPR melainkan juga ahli atau pakar hukum.

Oleh karena itu, saat ini disebutkan Idris fraksi Partai Golkar belum mempunyai pandangan terhadap PPHN. Sebab penasehat fraksi di DPR seperti Adies Kadier dan penasehat sekaligus Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) masih memberikan pandangannya masing-masing.

“Belum (ada sikap) kita baru dengerin orang-orang ahli, termasuk dari penasihat termasuk pak Adies sebagai sekretaris fraksi di DPR, pak Bambang Soesatyo ketua MPR, kita dengarkan semua masukan nanti kita kompilasi jadi kebijakan partai Golkar,” tuturnya.

Selain itu, Idris membantah adanya pandangan yang berbeda antara Fraksi Golkar dengan Bamsoet. Idris menjelaskan bahwa Bamsoet memiliki dua kapasitas, sebagai fraksi Golkar dan Ketua MPR, sehingga apa yang disampaikan fraksi-fraksi di MPR, tidak hanya Golkar disuarakan oleh Bamsoet.

“Apa pun pandangan fraksi-fraksi beliau harus menyuarakan. Tetapi dalam hal ini ketika beliau sebagai anggota fraksi partai Golkar tentu beliau akan selalu bersama fraksi partai Golkar,” beber Idris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bamsoet Sebut Akan Patuh pada Keputusan Partai

Sementara Bamsoet mengatakan, dirinya sebagai anggota fraksi Golkar akan tegak lurus dengan sikap fraksi terkait PPHN. Namun, sebagai Ketua MPR ia tetap harus menyuarakan seluruh fraksi di MPR.

“Kalau kita sendiri belum memutuskan apa yang menjadi sikap Fraksi Partai Golkar dan itu akan disampaikan ketika akan menyampaikan pandangan Fraksi di sidang paripurna,” kata Bamsoet

“Sikap saya sebagai anggota fraksi? saya sebagai anggota fraksi patuh pada keputusan partai. Tapi sebagai Ketua MPR saya harus menyuarakan apa yang diputuskan MPR,” tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.