Golkar Belum Putuskan Sikap Soal PPHN, Ketua Fraksi: Kita Kumpulkan Semua Masukan

Oleh Delvira Hutabarat pada 08 Sep 2022, 20:36 WIB
Diperbarui 08 Sep 2022, 20:36 WIB
Focus Group Discussion (FGD) Fraksi Partai Golkar soal Pembahasan PPHN
Perbesar
Ketua Fraksi Partai Golkar MPR RI Idris Laena menyatakan, pihaknya masih menampung masukan untuk menentukan sikap Fraksi terhadap Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN). (Dok. Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Fraksi Partai Golkar MPR RI Idris Laena menyatakan, pihaknya masih menampung masukan untuk menentukan sikap Fraksi terhadap Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN).

“Banyak masukan kami terima dan akan menentukan bagaimana pandangan fraksi partai golkar terhadap pokok-pokok haluan negara yang insya allah akan diputuskan nanti,” kata Idris di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (8/9/2022).

Masukan yang diterima fraksi menurut Idris tidak hanya berasal dari anggota DPR melainkan juga ahli atau pakar hukum.

Oleh karena itu, saat ini disebutkan Idris fraksi Partai Golkar belum mempunyai pandangan terhadap PPHN. Sebab penasehat fraksi di DPR seperti Adies Kadier dan penasehat sekaligus Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) masih memberikan pandangannya masing-masing.

“Belum (ada sikap) kita baru dengerin orang-orang ahli, termasuk dari penasihat termasuk pak Adies sebagai sekretaris fraksi di DPR, pak Bambang Soesatyo ketua MPR, kita dengarkan semua masukan nanti kita kompilasi jadi kebijakan partai Golkar,” tuturnya.

Selain itu, Idris membantah adanya pandangan yang berbeda antara Fraksi Golkar dengan Bamsoet. Idris menjelaskan bahwa Bamsoet memiliki dua kapasitas, sebagai fraksi Golkar dan Ketua MPR, sehingga apa yang disampaikan fraksi-fraksi di MPR, tidak hanya Golkar disuarakan oleh Bamsoet.

“Apa pun pandangan fraksi-fraksi beliau harus menyuarakan. Tetapi dalam hal ini ketika beliau sebagai anggota fraksi partai Golkar tentu beliau akan selalu bersama fraksi partai Golkar,” beber Idris.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Bamsoet Sebut Akan Patuh pada Keputusan Partai

Bambang Soesatyo
Perbesar
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo atau Bamsoet bakal mencalonkan diri sebagai caketum IMI Pusat periode 2021-2025 (istimewa)

Sementara Bamsoet mengatakan, dirinya sebagai anggota fraksi Golkar akan tegak lurus dengan sikap fraksi terkait PPHN. Namun, sebagai Ketua MPR ia tetap harus menyuarakan seluruh fraksi di MPR.

“Kalau kita sendiri belum memutuskan apa yang menjadi sikap Fraksi Partai Golkar dan itu akan disampaikan ketika akan menyampaikan pandangan Fraksi di sidang paripurna,” kata Bamsoet

“Sikap saya sebagai anggota fraksi? saya sebagai anggota fraksi patuh pada keputusan partai. Tapi sebagai Ketua MPR saya harus menyuarakan apa yang diputuskan MPR,” tandasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya