Sukses

Wapres: Komponen Cadangan, Strategi Antisipatif Hadapi Ancaman

Ma’ruf menyampaikan, selain menjadi kekuatan tambahan, Komponen Cadangan juga merupakan upaya dalam memperkuat rasa nasionalisme bagi masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyatakan sistem pertahanan merupakan kebutuhan mendasar bagi sebuah negara untuk menegakkan kedaulatan, menjaga keutuhan wilayah, serta melindungi keselamatan segenap bangsa dari segala bentuk ancaman. 

Oleh karena itu, ia menilai untuk menungkatkan sistem keamanan Indonesia bukan hanya tugas yang diemban oleh kalangan militer saja, namun seluruh elemen bangsa termasuk komponen cadangan. 

"Salah satu perwujudannya adalah penguatan Komponen Cadangan SDM yang berasal dari rakyat. Saya memandang, Komponen Cadangan merupakan strategi antisipatif agar kita siap menghadapi ancaman dan gangguan terhadap kehidupan bangsa," ujar Ma'ruf Amin ketika menjadi Inspektur Upacara Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) Tahun Anggaran 2022, Kamis (08/09/2022).

Lebih lanjut Ma’ruf menyampaikan, selain menjadi kekuatan tambahan, Komponen Cadangan juga merupakan upaya dalam memperkuat rasa nasionalisme bagi masyarakat.

"Komponen Cadangan juga merupakan salah satu ikhtiar bangsa untuk mempersiapkan kekuatan rakyat sekaligus champions  di berbagai bidang yang memiliki dan menunjukkan kecintaan pada tanah air," kata Ma’ruf.

Di sisi lain, tambahnya, hal ini juga merupakan mandat yang tertuang di dalam konstitusi negara, yaitu Undang-undang Dasar 1945.

"Sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 27 ayat (3) UUD 1945, setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara," papar Ma’ruf.

Oleh karena itu, Ma’ruf berpesan agar seluruh Komponen Cadangan yang telah menyelesaikan pelatihan dan telah ditetapkan hari ini, dapat terus mengemban amanat sebagai penjaga kedaulatan bangsa dan menjadi inspirasi bagi masyarakat di sekitarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Mandat Kompnen Cadangan

"Setelah menyelesaikan pelatihan, anggota Komponen Cadangan agar tetap menjaga mandat sebagai Komponen Cadangan seraya terus menjadi inspirasi bela negara bagi masyarakat," pesan Ma’ruf.

"Akhirnya, saya ucapkan selamat atas penetapan Komponen Cadangan Tahun 2022. Semoga Allah, Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa meridhai setiap ikhtiar yang kita lakukan untuk mejaga kedaulatan, keutuhan dan keselamatan NKRI," pungkasnya. 

Hadir dalam acara ini Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kepala Staf Angkatan Darat Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Laut Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Udara Fadjar Prasetyo, dan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.