Sukses

Mantan Ketum Apkasi Resmi Dilantik Presiden Jokowi Jadi Menpan RB

Azwar Anas pernah menjabat sebagai Ketua Umum Apkasi periode 2019-2021 di masa ia menjabat sebagai Bupati Banyuwangi untuk periode kali kedua.

 

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Abdullah Azwar Anas resmi dilantik menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (07/09/2022).

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 91/P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024 yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, Nanik Purwanti. Setelah pembacaan Keppres tersebut, Presiden Jokowi memimpin pembacaan sumpah jabatan yang ditirukan oleh Abdullah Azwar Anas.

"Demi Allah bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD 1945 serta akan menjalankan segara peraturan perundangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjungjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik baiknya dengan penuh rasa tangung jawab," demikian kata Azwar Anas mengucapkan bunyi sumpah jabatan tersebut.

Tampak dalam pelantikan tersebut dihadiri sejumlah pejabat terkait, yakni Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari, dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja. Selain itu, hadir Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Azwar Anas pernah menjabat sebagai Ketua Umum Apkasi periode 2019-2021 di masa ia menjabat sebagai Bupati Banyuwangi untuk periode kali kedua. Selama menjabat Ketum Apkasi, Azwar Anas banyak memberikan gagasan baru dan gebrakan yang membawa manfaat bagi anggota di antaranya gagasan meng-online-kan UMKM dan mendigitalkan layanan publik bagi 416 pemerintah kabupaten di seluruh Indonesia.

Di bawah kepemimpinan Azwar Anas, Apkasi juga makin menancapkan eksistensinya seperti terlibat aktif dalam memberikan pandangan dan masukan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) baik dengan DPR RI maupun DPD RI serta berkolaborasi dengan MPR RI untuk memperkuat sosialiasasi 4 Pilar Kebangsaan.

Apkasi juga makin meningkatkan komunikasi intens dengan kementerian terkait untuk mendapatkan solusi atau titik temu bagi permasalahan-permasalahan yang ada di daerah. Termasuk kerjasama dengan pihak ketiga, di antaranya dengan Bank Indonesia Institute melalui pelatihan dan pembekalan bagi para bupati guna meningkatkan skill dan wawasan serta mengupgrade diri menjadi pemimpin daerah yang berkualitas.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hadapi Pandemi Covid-19

Apkasi di masa kepemimpinan Azwar Anas juga ikut merasakan dan berjibaku untuk menghadapi awal-awal masuknya pandemi Covid-19 di tanah air yang berdampak signifikan pada sendi-sendi kegiatan di masyarakat. Apkasi antusias memainkan perannya sesuai arahan Mendagri Muhammad Tito Karnavian agar para kepala daerah meredam keresahan yang terjadi di masyarakat serta membentuk Pusat Informasi di daerah-daerah.

“Sesuai arahan Pak Mendagri, para bupati juga sudah mengumpulkan seluruh unit kesehatan di daerah, termasuk Puskesmas dan kader-kader kesehatan Posyandu, untuk secara sistematis memberikan informasi yang tepat terkait Covid-19. Karena banyak sekali hoax terkait informasi virus ini yang justru membuat resah masyarakat,” ujar Azwar Anas waktu itu.

Menghadapi pandemi korona waktu itu, Apkasi mengajak daerah se-Indonesia untuk bersiap menyambut konsep ”new normal” alias tatanan kehidupan baru untuk menghindari dampak buruk pandemi Covid-19 secara berkelanjutan.

”Kita di daerah melihat sendiri bagaimana pandemi Covid-19 ini telah memukul sendi-sendi kehidupan masyarakat, mulai dari aspek kesehatan sampai sosial-ekonomi. Sekaranglah waktunya kita bersiap diri menyambut new normal secara bertahap. Karena bagaimana pun, daerah-daerah harus bangkit berbenah kembali membangun ekonomi masyarakatnya,” ujar Azwar Anas.

 

 

3 dari 3 halaman

Tiga Poros

Azwar Anas mengatakan, prinsip tata kehidupan baru berporos pada tiga hal. Pertama, tetap memprioritaskan penanganan Covid-19 dengan terus memperbaiki berbagai mekanisme, mulai ketersediaan bed isolasi, alat-alat kesehatan, tracing, hingga mendukung langkah pemerintah pusat memperluas pengetesan berbasis PCR.

Kedua, disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19. ”Di mana-mana kita gelorakan protokol-protokol seperti cuci tangan pakai sabun, jaga jarak aman, memakai masker. Hal ini bisa kita tindak lanjuti di daerah, misalnya, dengan peraturan semua pengunjung pasar tradisional dan modern harus memakai masker, yang tak pakai masker dilarang masuk,” ujarnya.

Ketiga, secara bertahap kembali meningkatkan produktivitas ekonomi lokal. ”Sesuai analisis para ahli, pandemi akan benar-benar berakhir ketika vaksin ditemukan. Prediksinya, vaksin ditemukan paling cepat pertengahan 2021. Secara bertahap kita harus gerakkan lagi ekonomi lokal dengan prinsip produktif dan aman dari Covid-19 sesuai arahan Presiden Jokowi dan Mendagri,” ujar Azwar Anas.

Dengan tiga poros tersebut, Azwar Anas optimistis, kehidupan masyarakat berangsur membaik.

”Penanganan kesehatan dan pemulihan ekonomi harus dijalankan berbarengan serta tidak dibeda-bedakan. Konsep ‘new normal’ di daerah harus diarahkan pada bagaimana tatanan masyarakat kita tetap aman dari Covid-19, dalam arti penyebarannya kita tekan, namun di sisi lain ekonomi tetap produktif,” tegas Azwar Anas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden RI Joko Widodo melantik Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Istana Negara Jakarta.

    Azwar Anas

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • APKASI

  • menpan rb