Sukses

Azwar Anas Jadi MenPAN-RB, Jokowi: Track Record Jelas Waktu Pegang Banyuwangi

Jokowi mengatakan bahwa Azwar Anas memiliki rekam jejak yang jelas saat menjadi Bupati Banyuwangi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Abdullah Azwar Anas menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) di Istana Negara Jakarta, Rabu (7/9/2022).

Jokowi mengatakan bahwa Azwar Anas memiliki rekam jejak yang jelas saat menjadi Bupati Banyuwangi.

"Kita semua tahu Pak Azwar Anas track recordnya jelas waktu memegang birokrasi di Banyuwangi banyak sekali yang saya lihat," jelas Jokowi kepada wartawan usai pelantikan di Istana Negara Jakarta, Rabu (7/9/2022).

Jokowi menyebut Azwar Anas menciptakan inovasi-inovasi baru di Kabupaten Banyuwangi. Mulai dari, bidang pelayanan publik, urusan perizinan, hingga urusan KTP.

"Saya lihat langsung ke sana inovasi-inovasi di bidang pelayanan publik, inovasi-inovasi di urusan KTP, urusan perizinan, dan bisa dilakukan di pasar, di mall, saya kira beliau termasuk yg pertama saat itu," ujarnya.

"Sehingga track record itu yang menyebabkan kita memilih Pak Azwar Anas," sambung Jokowi.

Dia meyakini Azwar Anas memahami pekerjaan sebagai MenPAN-RB. Namun, Jokowi meminta agar birokrasi kedepannya semakin cepat dalam melayani masyarakat.

"Ya ini sekali lagi PAN-RB. RB-nya reformasi birokrasi. Jadi digarap secara cepat sehingga birokrasi kita menjadi birokrasi yang melayani, birokrasi dengan kedisiplinan yang tinggi," tutur dia.

"Beliau enggak usah di anu lah. Enggak usah dipesen-pesen. Udah ngerti apa yang harus dilakukan, sangat ngerti. Bukan ngerti, tapi sangat ngerti," imbuh Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kader PDI-P

Diketahui, Azwar Anas merupakan kader PDI Perjuangan (PDIP) yang saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (LKPP). Ia juga merupakan Bupati Banyuwangi yang memimpin sejak 21 Oktober 2010 hingga 17 Februari 2021.

Sebelum menjadi Menpan-RB, Anas sudah malang melintang di dunia politik. Dia pernah tercatat sebagai anggota DPR termuda hingga Bupati Banyuwangi yang sukses membawa kemajuan bagi wilayah di ujung timur Pulau Jawa itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Presiden RI Joko Widodo melantik Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Istana Negara Jakarta.

    Azwar Anas

  • menpan rb