Sukses

Cerita Jokowi Saat Bertemu Putin: Kalau Diterima Jarak 5 Meter, Saya Tinggal Pulang

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menceritakan kembali pertemuannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada Juni 2022 lalu.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menceritakan kembali pertemuannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada Juni 2022 lalu. Jokowi mengatakan saat itu dia menolak bertemu Presiden Putin apabila duduk berjarak 5 meter.

"Saya bicara dengan Zelensky 1,5 jam dengan Putin 2,5 jam, tapi dengan kursi dekat. Tidak diterima, tidak dengan jarak yang 5 meter," kata Jokowi dalam acara Sarasehan 100 Ekonom Indonesia di Mega Kuningan Jakarta, Rabu (7/9/2022).

"Kalau saya diterima dengan jarak yang 5 meter saat itu saya tinggal pulang, diterima kayak gitu ada yang mau, kalau saya enggak mau," sambung dia.

Pada pertemuan dengan kedua pemimpin negara itu, Jokowi menyimpulkan bahwa kondisi yang terjadi di dunia saat ini akan berlangsung masih lama. Dia mengatakan perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina tak mudah diselesaikan.

"Jangan berharap perang besok atau bulan depan selesai! Sangat tidak mudah," ujar dia.

Bahkan, Jokowi mengungkapkan sulitnya mempertemukan Vladimir Putin dan Zelensky dalam satu ruang dialog. Sehingga, pertemuan dengan Presiden Putin dan Zelensky saat itu hanya bisa membahas soal krisis pangan.

"Kita mendorong agar terjadi dialog saja, menyiapkan ruang dialog saja sangat-sangat sulit sekali sehingga saya belokkan ya udahlah ngomong-ngomong enggak ketemu saya ngomong krisis pangan saja, akhirnya ketemu," jelas Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keluhkan soal Gandum

Jokowi sempat menyampaikan keluhan Zelensky kepada Putin soal 77 juta ton gandum Ukraina yang tak bisa keluar dari Ukraina. Putin pun menjamin aktivitas ekspor gandum Ukraina aman.

"Dan 2-3 minggu sudah ada satu kapal yang keluar dari Odessa ke Istanbul," ucap Jokowi.

Sebelumnya, pertemuan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Prancis Emmanuel Macron di Kremlin, Rusia, Senin, 7 Februari 2022 menarik perhatian dunia. Pasalnya, pertemuan mereka bertemu dibatasi oleh meja panjang.

"Mereka duduk di ujung meja sepanjang empat meter untuk membahas krisis Ukraina," tulis media Australia tersebut, Jumat, 11 Februari 2022. "Tapi, meja itu sendiri menarik perhatian secara signifikan, dengan panjangnya yang mengejutkan banyak pengamat dan memicu gelombang meme di internet," tulis CNN tentang pertemuan Macron dan Putin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.