Profil Azwar Anas, Menpan-RB Baru yang Akan Dilantik Jokowi

Oleh Delvira Hutabarat pada 07 Sep 2022, 09:49 WIB
Diperbarui 07 Sep 2022, 09:49 WIB
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas
Perbesar
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas paparkan bagaimana visi pariwisata Banyuwangi di tengah masa pandemi.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi dikabarkan akan melantik Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). Anas akan menggantikan posisi Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia.

Sebelum menjadi Menpan-RB, Anas sudah malang melintang di dunia politik. Dia pernah tercatat sebagai anggota DPR termuda hingga Bupati Banyuwangi yang sukses membawa kemajuan bagi wilayah di ujung timur Pulau Jawa itu.

Anas adalah pria kelahiran Banyuwangi, 6 Agustus 1973.

Pria yang memiliki nama lengkap Abdullah Azwar Anas itu memimpin Banyuwangi sejak 2010 hingga 2021. Selama menjabat bupati, ia meraih berbagai penghargaan di antaranya UNWTO Awards untuk kategori "Inovasi Kebijakan Publik dan Tata Kelola Pemerintahan di Bidang Pariwisata (Excellence and Innovation in Tourism)." Selain itu, pada 2018 Banyuwangi juga ditetapkan sebagai kabupaten terinovatif oleh Kementerian Dalam Negeri.

Anas juga mampu meningkatkan pariwisata Banyuwangi, bahkan wisatawan melonjak hingga 161 persen. Ia juga diketahui menginisiasi program Rantang Kasih, yakni program yang mendistribusikan makanan untuk warganya yang lanjut usia dan pemberian uang sakuuntuk pelajar kurang mampu. Selain itu, anas juga sukses membuat program Smart Kampung.

Selesai jabatan Bupati, Anas menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sejak Januari 2022.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Pernah Tersandung Kasus

Sementara itu riwayat pendidikan, Anas menempuh pendidikan S1 di Universitas Indonesia Fakutas Sastra (1994-1999) dan S1 Teknologi Pendidikan di IKIP Jakarta (1992-1998). Ia melanjutkan S2 di Universitas Indonesia Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (2002-2005).

Sebelum menjadi bupati, Anas pernah menjadi anggota MPR (1997-1999) dan anggota DPR dari PKB (2004-2009).

Di antara berbagai prestasinya, Anas sempat tersandung skandal foto mesum seorang yang mirip dirinya bersama seorang perempuan.

Saat itu Pilkada 2018, ia disebut sebagai salah satu calon kuat Wakil Gubernur Jawa Timur untuk mendampingi Saifullah Yusuf alias Gus Ipul. Namun, adanya skandal itu membuat dirinya mundur karena takut menjadi beban bagi pencalonan Gus Ipul.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dikabarkan akan melantik Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) baru pengganti Tjahjo Kumolo.


Dilantik Hari Ini

Pelantikan rencananya digelar di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (7/9/2022), pukul 13.30 WIB.

"Besok (Hari ini) jam 13.30 (pelantikan Menpan-RB). Azwar Anas (yang dilantik)," kata sumber Liputan6.com di lingkungan pemerintahan, Rabu (7/9/2022).

Diketahui, Azwar Anas merupakan kader PDI Perjuangan (PDIP) yang saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (LKPP). Ia juga merupakan Bupati Banyuwangi yang memimpin sejak 21 Oktober 2010 hingga 17 Februari 2021.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, PDIP sudah menyerahkan tiga nama yang akan diusulkan sebagai Menpan-RB. Selain Anas ada nama Olly Dondokambey yang merupakan Gubernur Sulawesi Utara, dan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

Anas pun juga dikabarkan telah menyambangi Istana untuk bertemu Jokowi. Namun, saat Liputan6.com mencoba menkonfirmasi kabar ini, tak ada respon dari pria yang kini menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) itu.

 


Sempat Tunjuk Plt

Sebelumnya, Presiden Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). Dia menjadi Plt terhitung sejak 16 Juli 2022 sampai ditunjuknya Menpan-RB definitif.

Hal ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 75 tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Penunjukan Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menpan-RB Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024. Aturan ini diteken Jokowi pada 12 Juli 2022.

"Menunjuk Sdr. Mohammad Mahfud MD, Menko Polhukam sebagai Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menpan-RB, terhitung mulai tanggal 16 Juli 2022 sampai dengan diangkatnya Menpan-RB Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 definitif," demikian bunyi diktum kedua sebagaimana dikutip Liputan6.com dari salinan Keppres, Jumat (15/7/2022).

Adapun penunjukkan Mahfud sebagai Plt Menpan-RB dilakukan menyusul wafatnya Menpan-RB Tjahjo Kumolo pada 1 Juli 2022.

Dalam Keppres ini, Jokowi juga memberhentikan dengan hormat almarhum Tjahjo Kumolo dari jabatannya sebagai Menpan-RB.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya